37 Kambing di Kembangan Jakbar Tewas Terpanggang Akibat Warga Bakar Sampah

JAKARTA – Akibat pembakaran sampah di lahan kosong, Jalan Sawah Balong, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat, puluhan kambing tewas terbakar, Senin, 2 September. Api yang awalnya kecil, kian lama membesar lalu merambat ke kandang kambing.

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat Syarifudin mengatakan, kurang lebih 37 ekor kambing tewas hangus terbakar dalam peristiwa tersebut.

Syarifudin menduga, kebakaran terjadi akibat warga yang membakar sampah. Menurutnya, karena cuaca yang belakangan ini terasa panas, dan tiupan angin sehingga terjadi perambatan api ke objek terdekat, yakni kandang kambing.

"Diduga ada yang membakar sampah lalu merambat ke kandang kambing," kata Syarif, Senin, 2 September.

Syarif menjelaskan Gulkarmat mendapatkan informasi kebakaran pada pukul 09.40 WIB. Pihaknya segera datang ke lokasi untuk memadamkan api.

"Warga melaporkan ke sini bahwa terjadi kebakaran di Jalan Sawah Balong untuk kemudian kami tindaklanjuti," tutur Syarif.

Operasi pemadaman pun dimulai pukul 09.55 WIB hingga selesai pukul 10.35 WIB, dengan 25 personel beserta lima unit kendaraan pemadam untuk mengatasi kebakaran tersebut.