Harap JIS Bisa Jadi Markas Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Beri Masukan Ini 

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan penilaian positif terhadap kemegahan Jakarta Internasional Stadium (JIS). Ia bahkan tak segan berharap stadion di Jakarta Utara itu bisa jadi markas untuk pertandingan Timnas Indonesia.

Namun di sisi lain, Shin juga tak menutupi bahwa JIS masih memiliki beberapa kendala yang membuat lokasi tanding anyar itu belum memenuhi standar untuk menjadi kandang Timnas Indonesia. 

Kesan Shin Tae-yong terhadap JIS itu ia utarakan setelah hadir langsung ke JIS di laga Persija Jakarta vs Persis Solo pertengahan Agustus lalu.

“Untuk JIS itu (stadionnya) memang bagus, tetapi (masih ada) masalah transportasi dan lain-lain,” kata Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia dikutip pada Minggu, 1 September.

“Intinya itu saja yang mungkin perlu diperbaiki supaya JIS bisa jadi stadion yang baik buat (kandang) Timnas Indonesia,” tambah pelatih asal Korea Selatan itu.

Kabar soal JIS yang bakal menjadi kandang Timnas Indonesia sudah berulang kali dilontarkan sejumlah pihak, utamanya PSSI. Namun kondisi di JIS membuat Timnas tak kunjung main di sana.

Salah satu kendala utama menuju JIS adalah kondisi jalan dan transportasi yang belum optimal. Apalagi saat ini sedang ada pembangunan jalan di sekitar stadion yang membuat lalu lintas menuju JIS kurang kondusif.

Kondisi rumput JIS juga sempat menjadi isu tersendiri. Pencahayaan matahari di JIS kurang maksimal, yang membuat rumput tidak tumbuh dengan merata dengan kondisi yang optimal.

Karena situasi ini, PSSI belum memutuskan JIS menjadi lokasi tanding Timnas Indonesia. Stadion Utama Gelora Bung Karno di Senayan masih menjadi pilihan utama bila skuad Merah Putih bermain di Jakarta.