Sandiaga Pastikan Tak Maju Pilgub Jabar

JAKARTA - Politikus PPP sekaligus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memastikan diri tidak maju di Pilkada 2024.

Hal itu disampaikan Sandiaga dalam unggahannya di Instagram pribadinya sore ini. 

Sandiaga justru akan mendukung tiga kandidat calon gubernur yang akan berkompetisi di Pilgub Jabar. Mereka adalah Presiden PKS Ahmad Syaikhu, politikus Golkar Dedi Mulyadi, dan Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono. 

"Terimakasih kepada teman dari berbagai aspirasi yang telah mengajak saya untuk berpartisipasi dalam kontestasi Pilkada 2024. Tawaran ini merupakan kehormatan besar bagi saya, dan saya sangat menghargai kepercayaan yang telah diberikan," ujar Sandi dalam unggahannya, Kamis, 29 Agustus.

Sandi mengungkapkan, keputusannya untuk tidak ikut dalam kontestasi kepala daerah diambil setelah melakukan diskusi dengan keluarga dan beristikharah.  

"Saya memutuskan saat ini mendukung sahabat-sahabat saya yang akan maju dalam Pilkada Jawa Barat," kata dia. 

"Ustadz Syaikhu, Kang Ilham Habibie, Kang Dedi Mulyadi, dan Kang Ini Surono adalah kandidat terbaik yang dimiliki Jawa Barat saat ini," tulis Sandi sembari menandai akun keempat tokoh tersebut. 

Diketahui, Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie sudah resmi mendaftar sebagai pasangan cagub cawagub yang diusung PKS, PPP dan NasDem. Sementara Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan diusung oleh Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, Hanura, Gelora, PKN, Garuda, Prima, Perindo dan Partai Ummat. 

Sementara PDIP sebagai partai Ono Surono belum mengumumkan secara resmi siapa yang akan diusung di Pilgub Jabar. Sebelumnya, dia hanya mengatakan ada kejutan dari PDIP terkait cagub dan cawagub Jabar. 

Bahkan ada rumor yang menyebut PDIP akan mengusung Anies Baswedan dan Susi Pudjiastuti untuk Pilkada Jawa Barat.