Biar Enggak Salah Pilih, Begini Aturan Main Mewarnai Rambut Sesuai Tone Kulit

JAKARTA - Memilih warna rambut yang tepat dapat mengubah penampilan Anda dan meningkatkan rasa percaya diri. Dengan banyaknya warna yang tersedia, menemukan warna yang sempurna bisa jadi hal membingungkan. Namun, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti warna kulit, warna mata, dan gaya pribadi, Anda dapat membuat pilihan warna rambut yang tepat. 

Berikut panduan singkat yang bisa membantu Anda memilih warna rambut ideal yang VOI sadur dari laman Times of India, Kamis, 29 Agustus.

Memahami warna kulit Anda: Warna kulit Anda sangat penting dalam menentukan warna rambut mana yang paling cocok. Warna kulit umumnya terbagi dalam tiga kategori: hangat, dingin, dan netral. 

Warm skin tone Jika Anda memiliki warna kulit dasar keemasan, kuning, atau persik, warna rambut honey blonde, caramel, dan cooper akan menambah kehangatan dan kecerahan. Warna earthy seperti kastanye atau cokelat juga bagus.

Cool skin tone: Warna kulit dingin dengan rona merah muda, merah, atau biru paling cocok dengan warna rambut pucat atau cool seperti platinum blonde, ash brown, atau blue-black, yang menyeimbangkan warna dingin kulit Anda. 

Warna kulit netral: Warna kulit netral dapat memadukan berbagai macam warna, mulai dari cokelat tua dan pirang lembut hingga merah dan ungu mencolok. Pilih warna seimbang yang melengkapi warna kulit Anda tanpa membuatnya terlalu mencolok. 

Mencocokkan warna rambut dengan warna mata: Warna mata Anda juga dapat memengaruhi tampilan warna rambut tertentu. Nuansa tertentu dapat membuat mata Anda menonjol dan menonjolkan kecantikan alaminya.

Mata biru: Nuansa pirang dengan rona dingin, seperti platinum atau icy blonde, menonjolkan mata biru, sementara cokelat muda dan copper menciptakan kontras yang mencolok. Untuk mata hijau, warna dasar merah seperti merah marun dan copper, serta pirang hangat, dapat meningkatkan intensitasnya. Mata cokelat: Mata cokelat serbaguna dan cocok untuk banyak warna rambut. Cokelat pekat, karamel hangat, dan deep burgundy meningkatkan kehangatannya.

Mata hazel: Mata hazel, sering kali merupakan perpaduan warna hijau, cokelat, dan emas, yang ditonjolkan oleh warna cokelat hangat, pirang keemasan, dan warna merah.

Saat memilih warna rambut, pertimbangkan perawatan, lingkungan kerja, dan ekspresi pribadi Anda. Warna yang membutuhkan perawatan tinggi seperti pirang platinum atau merah muda cerah memerlukan sentuhan ulang yang sering, jadi jika Anda lebih suka pilihan yang tidak membutuhkan perawatan banyak, pilih warna yang mendekati warna rambut alami Anda atau yang menyatu dengan akar rambut.

Tempat kerja Anda juga dapat memengaruhi pilihan, dalam suasana yang konservatif, warna alami seperti cokelat lembut atau pirang gelap menawarkan tampilan yang halus tanpa terlalu menarik perhatian. Di lingkungan yang lebih santai atau kreatif, Anda mungkin merasa nyaman mencoba warna lebih berani. Pada akhirnya, warna rambut Anda adalah cerminan kepribadian. Apakah Anda memilih warna mencolok seperti merah cerah atau merah muda pastel untuk tampil menonjol atau tetap menggunakan warna yang tidak lekang oleh waktu seperti cokelat kastanye atau pirang madu untuk tampilan klasik, pastikan warna tersebut sesuai dengan cara Anda ingin mengekspresikan diri.