5 Tips Menjemur Pakaian agar Tidak Berbau Apek

JAKARTA - Salah satu cara mengeringkan pakaian secara alami adalah menjemur pakaian. Namun, kadang pakaian bisa saja mengeluarkan bau apek, terutama kalau kamu menjemurnya dengan cara yang tidak tepat.

Untuk itulah, ada beberap hal yang perlu kamu perhatikan saat mengeringkan pakaian. Apa saja itu?

1. Letakkan jemuran di tempat terbuka

Pastikan kamu meletakkan jemuran pakaian di tempat yang punya sirkulasi udara cukup baik. Hindari menjemur di tempat yang tertutup dan lembap. Soalnya, pakaian tidak akan kering dan justru jadi berbau.

2. Gunakan gantungan yang sesuai

Pastikan menggunakan gantungan yang tepat untuk jenis pakaian yang akan kamu jemur. Gantungan yang terlalu kecil dapat meninggalkan bekas pada pakaian dan mengganggu sirkulasi udara di sekitarnya. Selain itu, gunakan gantungan yang cukup tebal untuk pakaian berat biar tidak mudah jatuh.

3. Berikan jarak antara gantungan

Hindari juga menjemur pakaian terlalu dekat antara satu dengan yang lainnya. Soalnya, ini akan membuat pakaian jadi susah kering. Bila sudah penuh, lebih baik gunakan jemuran lain supaya pakaian benar-benar kering maksimal.

4. Hindari menjemur pakaian terlalu lama

Jika memungkinkan, angkat pakaian sebelum matahari terlalu terik. Sinar matahari yang berlebihan memang dapat membuat pakaian cepat kering. Namun, cara ini juga dapat menyebabkan bau tidak sedap, terutama kalau terlalu lama terkena panasnya.

5. Pastikan pakaian benar-benar kering sebelum disimpan

Pakaian yang masih lembab dapat menjadi sarang bagi bakteri dan jamur. Inilah yang dapat menyebabkan bau apek. Jadi, sebelum diangkat dari jemuran, kamu perlu merabanya dengan tangan untuk memastikan baju sudah kering. Jangan lupa juga buat menyetrika pakaian supaya tetap lembut.

Nah, kamu bisa membeli jemuran pakaian terbaik hanya di toko resmi online ACE melalui ruparupa. Di sini, kamu juga dapat belanja berbagai alat kebersihan lainnya, dari vacuum cleaner, sapu, hingga alat pel. Dapatkan juga promo dan penawaran menarik setiap berbelanja.