7 Kiat Menghentikan Keinginan Makan Makanan Tidak Sehat dan Sugar Craving

YOGYAKARTA – Makan secara benar, dengan porsi pas, menu yang mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari, penting dilakukan secara berkelanjutan. Namun seperti menghadapi angin kencang ketika keinginan makan manis atau sugar craving dialami. Makan makanan tidak sehat dan manis, tentu bertentangan dengan pola makan sehat. Lantas, bagaimana menghentikan keinginan makan makanan tidak sehat dan sugar craving? Ikuti kiat berikut ini.

1. Minum air

Haus sering kali disalahartikan dengan rasa lapar atau keinginan makan. Jika Anda tiba-tiba ingin makan makanan tertentu yang spesifik, cobalah minum segelas besar air dan tunggu beberapa menit. Anda mungkin merasa keinginan akan memudar karena saat menginginkannya tadi, tubuh sedang haus.

Minum banyak air, membantu tubuh mendapatkan cukup cairan. Selain juga membantu diet tetap berjalan dan tidak goyah karena tanda-tanda haus sama dengan rasa lapar.

Ilustrasi kiat menghentikan keinginan makan makanan tidak sehat dan sugar craving (Freepik)

2. Makan lebih banyak protein

Makan lebih banyak protein dapat membantu mengurangi napsu makan dan mencegah Anda makan berlebihan. Protein juga mengurangi keinginan ngemil. Maka kiat kedua menghentikan keinginan makan makanan tidak sehat dan sugar craving, Anda bisa menggantinya dengan makan makanan berprotein.

3. Jangan sampai telat makan

Telat makan menyebabkan rasa lapar yang ekstrem. Ini bisa mendorong keinginan makan makanan tidak sehat lebih banyak. Nah, untuk menghindari rasa lapar berlebihan, ada baiknya makan secara teratur dan sediakan camilan sehat di meja Anda.

4. Mengelola stres

Stres memicu keinginan untuk makan dan memengaruhi perilaku makan, terutama bagi wanita, dilansir Healthline, 26 Agustus. Wanita yang sedang mengalami stres, terbukti mengkonsumsi lebih banyak kalori dan keinginan makan manis lebih banyak daripada saat tidak stres.

Ilustrasi kiat menghentikan keinginan makan makanan tidak sehat dan sugar craving (Freepik)

Itu artinya, kiat menghentikan keinginan makan makanan tidak sehat dan sugar craving, dengan mengelola stres. Bisa dengan banyak cara, antara lain merencanakan agenda supaya lebih terkelola, bermeditasi, olahraga rutin, serta mendapatkan waktu cukup istirahat.

5. Cukup tidur

Napsu makan sebagian besar dipengaruhi oleh fluktuasi hormon sepanjang hari. Kurang tidur, dapat mengganggu fluktuasi tersebut dan menyebabkan napsu makan yang buruk serta keinginan makan yang kuat. Menurut penelitian, orang kurang tidur memiliki kemungkinan 55 persen menjadi gemuk dibandingkan dengan orang yang cukup tidur. Karena itulah, penting mendapatkan cukup tidur untuk mencegah keinginan makan tak terkontrol muncul.

6. Makan makanan yang tepat

Saat keinginan makan tidak sehat dan sugar craving, cobalah tidak reaktif. Ambillah napas dalam-dalam dan minum air putih terlebih dahulu. Kemudian pilih menu makanan yang sehat. Penting diketahui, rasa lapar dan kekurangan nutrisi dapat menyebabkan hasrat makan meningkat. Oleh karena itu, penting makan pada waktu yang tepat dan penuhi kebutuhan nutrisi. Pilih makanan utuh, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran.

7. Makan dengan penuh perhatian

Makan dengan penuh perhatian adalah tentang melatih perhatian. Sejenis meditasi tetapi dilakukan pada saat makan sehingga bisa menyadari betul momen tersebut dan rasa bahkan tekstur makanan yang dicecap. Kiat ini, mengajarkan mengembangkan kesadaran akan kebiasaan makan, emosi, rasa lapar, keinginan makan, dan sensasi fisik.

Kiat menghentikan keinginan makan makanan tidak sehat dan sugar craving yang terakhir ini, membantu memilih respons yang pas daripada bertindak impulsif tanpa dipikir panjang. Makan dengan penuh perhatian mengajarkan Anda untuk membedakan antara keinginan makan dan rasa lapar fisik yang sebenarnya.