Menteri Basuki Siapkan Lahan untuk Pembangunan Rumah Subsidi di IKN

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tengah menyiapkan lahan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, untuk pembangunan rumah subsidi.

Lahan yang disiapkan di wilayah pengembangan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), baik itu zona 1A, 1B maupun 1C, untuk proyek hunian dan bisnis retail.

"Kami sudah carikan misalnya untuk retail yang 500 meteran, 1.000 meteran, 200 meteran. Kami sudah carikan tanahnya, nanti kami sampaikan kepada pengembang," ujar Basuki saat ditemui di kantornya, Jumat, 23 Agustus.

Sementara terkait dengan hunian Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) alias rumah subsidi, Basuki bilang, lahan yang disiapkan kemungkinan di zona 1B atau 1C. Sebab, zona 1A sudah penuh.

"Sama saja, kan (untuk rumah subsidi). Kalau 1A itu sudah crowded, mungkin 1B atau 1C, sudah disiapkan lahannya," kata dia.

Pada kesempatan sama, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga menuturkan, pengembangan lahan KIPP zona 1B dan 1C sudah siap menyesuaikan investasi yang masuk.

"Zona 1B dan 1C sudah siap seiring. Cuma kemarin yang dimulai seperti Pak Menteri (Basuki Hadimuljono) bilang aktivitasnya banyak di 1A dulu, sekarang sudah mulai penuh dialihkan ke 1B dan 1C supaya jalannya tidak sekaligus," ungkapnya.

Menurut Danis, Kementerian PUPR sudah menyiapkan konstruksi umum di zona-zona tersebut seperti pembagian kavling, pengaspalan jalan serta menyiapkan desain perkotaan (urban design) termasuk untuk area perumahan.

"Kami sudah punya urban design-nya. Di sini mixed business, di sini residensial, di sini green area," imbuhnya.