Prabowo Subianto Pastikan Upacara HUT RI Tahun Depan Tetap di IKN

JAKARTA - Upacara peringatan HUT RI Ke-79 baru saja rampung pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Pagi hari dihelat Detik-Detik Proklamasi, kemudian sore hari dilangsungkan penurunan bendera Merah Putih.

Upacara HUT RI tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Upacara digelar di dua tempat, yaitu Istana Merdeka Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Prosesi pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih hanya dilangsungkan di IKN, sementara di Istana Merdeka Jakarta menyaksikan melalui videotron.

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, memimpin upacara HUT RI di IKN. Hadir juga Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Kemudian, di Istana Negara, upacara dipimpin Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Wury Ma'ruf Amin beserta Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka dan sang istri Selvi Ananda.

Selepas upacara penurunan bendera Merah Putih di IKN, Presiden Jokowi sempat ditanyakan terkait upacara HUT RI tahun depan.

"Tahun depan, ditanyakan Pak Presiden terpilih Bapak Prabowo Subianto," kata Jokowi di Istana Negara, IKN, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Prabowo yang mendampingi Jokowi saat konferensi pers pun menegaskan bahwa upacara HUT RI tahun depan tetap digelar di IKN.

"Insyaallah, nanti akan di sini lagi," ujar Prabowo.

Prabowo lebih lanjut belum memastikan apakah upacara HUT RI tahun depan akan digelar di dua lokasi seperti tahun ini atau tidak. Namun, dia memastikan upacara tetap akan digelar di IKN.

"Ya kita lihat nanti. Namun, intinya upacara di sini," tutur Prabowo lagi.

Sementara itu, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi, mengenakan baju adat Banjar saat memimpin upacara penurunan bendera Merah Putih.

Presiden terpilih Prabowo Subianto yang duduk di samping kanan Jokowi tampak mengenakan beskap abu-abu dalam upacara tersebut.