Wapres Ma'ruf Amin Terharu HUT RI Diperingati di Dua Tempat pada Akhir Masa Jabatannya

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu, 17 Agustus 2024, sore WIB.

Sebelumnya, Ma'ruf Amin yang didampingi Ibu Wury Ma'ruf Amin beserta Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka dan istrinya Selvi Ananda, juga menghadiri upacara Detik-Detik Proklamasi pada pagi harinya.

Pada momen itu, Ma'ruf Amin dan Gibran menyaksikan melalui videotron prosesi pengibaran bendera Merah Putih yang dilangsungkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Selepas acara, Ma'ruf Amin mengaku terharu peringatan HUT RI Ke-79 dilangsungkan di dua tempat, Istana Negara dan IKN, pada akhir masa jabatannya sebagai Wakil Presiden.

"Semua berjalan baik. Saya terharu akan meninggalkan Wakil Presiden. Saya terharu juga HUT RI diperingati di dua tempat, ibu kota lama dan yang akan datang."

"Wilayah baru (IKN akan jadi motor penggerak pembangunan yang lebih merata di Indonesia," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Lebih lanjut, Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa peringatan HUT RI Ke-79 ini bisa memberikan motivasi baru buat generasi muda.

Selain itu, ia berharap bahwa IKN membawa kebanggaan tersendiri buat bangsa.

"Kami harapkan memotivasi generasi muda bahwa Indonesia Maju ke depan akan kita raih. Kita yakin, kita bangga bisa memnbangung Ibu Kota yang megah, tidak kalah dengan ibu kota di luar negeri," tuturnya lagi.

Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin mengenakan setelan jas biru tua dipadukan dasi merah. Lalu, Ibu Wury Ma'ruf Amin mengenakan kebaya putih dan jilbab kuning saat upacara penurunan bendera Merah Putih.

Masa jabatan Wapres Ma'ruf Amin tinggal dua bulan lagi mengingat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2024.