Maung MV3 Mobile Pindad Besutan Prabowo Dipamerkan di IKN

JAKARTA - Empat unit kendaraan taktis (rantis) Maung dipamerkan dalam gelar alat utama sistem persenjataan (alutsista) pada pengamanan rangkaian kegiatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur pada Sabtu, 17 Agustus. Keempatnya ditempatkan di titik yang berbeda, salah satunya di Bukit Bendera.

Adapun Maung yang dipamerkan adalah MV3 Mobile Jammer yang dilengkapi dengan jammer drone sebagai senjata. Jenis terbaru ini merupakan besutan presiden terpilih, Prabowo Subianto yang diproduksi PT Pindad.

“Maung konsep awal memang diinisiasi oleh Bapak Prabowo. Tim teknis Pindad menjabarkan ide inovatif yang diusung Bapak Prabowo dalam bentuk desain, pengembangan kemampuan taktis sampai produksi massal,” kata Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Vice President Inovasi dan Pengembangan Produk PT Pindad, Prima Kharisma menyebut ada sejumlah senjata soft kill maupun hard kill yang terpasang pada Maung MV3. Kendaraan ini juga diklaim mampu memberikan perlindungan andal.

Rantis ini juga memiliki spesifikasi teknis dengan panjang 5.085 mm, lebar 2.165 mm, tinggi 1.995 mm, berat kosong 2.100 kg. Kendaraan taktis ini juga mampu pada radius putar lebih dari 7 meter, dilengkapi mesin turbo diesel, dengan trasmisi automatic 8 speed, daya maksimum 202 PS/3800 RPM (199 HP), dan torsi maksimum 441 Nm/1600-2600 rpm.

"Dilengkapi dengan penggerak 4x4, kendaraan ini mampu beroperasi di berbagai jenis medan, baik on-road maupun off-road," pungkas Prima.