Kasetpres Serahkan Sang Merah Putih ke Purna Paskibraka 2023

JAKARTA - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyerahkan duplikat bendera negara Sang Merah Putih dan salinan naskah teks proklamasi ke Purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Duta Pancasila 2023, di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim).

Heru Budi menyerahkan duplikat bendera pusaka kepada Kachina Ozora dan salinan naskah teks proklamasi ke Keyla Azzahra Purnama.

Kedua Purna Paskibraka 2023 tersebut adalah Paskibraka yang tahun sebelumnya bertugas sebagai pembawa baki duplikat bendera negara Sang Merah Putih.

Duplikat bendera negara Sang Merah Putih dan salinan naskah teks proklamasi lantas dibawa ke mimbar kehormatan dengan dikawal oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Rangkaian agenda peringatan HUT Ke-79 RI tahun ini digelar di dua lokasi secara serentak dan terhubung (hybrid), yaitu di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) dan di Istana Merdeka Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke-79 RI di Istana Negara IKN. Sedangkan, Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin upacara di Istana Merdeka Jakarta

HUT ke-79 RI juga menjadi momentum istimewa, karena untuk pertama kalinya bendera pusaka dikibarkan saat peringatan HUT RI di ibu kota baru.

Tahun ini, tema HUT RI adalah "Nusantara Baru lndonesia Maju" yang menunjukkan momentum transisi Indonesia yakni dalam menyongsong ibu kota baru Nusantara, dan transisi pemerintahan.