Puan Maharani: SDM Tangguh Bakal jadi Penggerak Kemajuan Indonesia

JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani menyoroti mengenai sumber daya manusia (SDM) Indonesia dalam sidang bersama DPR dan DPD 2024. Dia bilang SDM yang tangguh akan menjadi penggerak kemajuan Indonesia.

“Sumber daya manusia Indonesia yang tangguh akan menjadi penggerak kemajuan Indonesia,” katanya dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Jumat, 16 Agustus.

Karena itu, Puan bilang Indonesia perlu mempersiapkan dan memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap menghadapi perkembangan zaman yang ditandai dengan kemajuan teknologi, persaingan global, ekonomi digital, ekonomi disruptif, dan generasi muda yang terus bertumbuh dengan karakternya.

“Kerja untuk mewujudkan Indonesia yang berkemajuan adalah menjadi tugas seluruh anak bangsa, seluruh komponen bangsa, laki-laki dan perempuan, semua generasi,” ucapnya.

Puan pun mengatakan genarasi yang dimaksud adalah generasi baby boomers, generasi X, generasi milenial, generasi Z; dan seluruh rakyat Indonesia.

“Kerja bersama ini, seperti meletakkan satu persatu batu peradaban bangunan Indonesia sehingga menjadi rumah Indonesia yang kokoh, tentram dan sentosa. Batu peradaban tersebut direkatkan oleh kepentingan bersama, kepentingan bangsa dan negara; kepentingan rakyat,” katanya.

Menurut Puan, tanpa perekat yang kuat maka susunan batu rumah Indonesia akan mudah roboh dan hancur.

“Kita membutuhkan perekat yang kuat bagi persatuan dan kesatuan Indonesia,” jelasnya.