Sebelum Bertolak ke IKN, Jokowi Hadiri Sidang Tahunan MPR Hari Ini

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan sejumlah kegiatan resmi berupa memberikan pidato kenegaraan dan nota keuangan pada Jumat 16 Agustus.  Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan Jokowi akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR, dan Sidang Bersama DPR dan DPD 2024 di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Jakarta.

Pada Jumat siang, Jokowi melanjutkan agenda resmi dengan berpidato dalam rangka Penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta nota keuangan dan dokumen pendukungnya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025.

Setelah melakukan agenda tersebut, Jokowi pun akan bertolak ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

"Pada malam hari pukul 00.00 Wita, tanggal 17 Agustus 2024, Bapak Presiden diagendakan untuk melaksanakan apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) di Taman Kusuma Bangsa, IKN," kata Yusuf dalam keterangan resmi, Kamis (15/8/2024).

Menurut pedoman peringatan HUT ke-79 kemerdekaan RI tahun 2024,  setelah renungan suci, rangkaian acara pukul 09.15 Wita berupa pertunjukan kesenian di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

Kemudian, pukul 10.15 WITA dimulainya kirab duplikat bendera pusaka dan salinan teks proklamasi di Istana Negara IKN. Dilanjutkan dengan peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di IKN akan digelar pukul 11.00 Wita.

Terakhir, pukul 17.00 Wita, diselenggarakan Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.