Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Indra Iskandar menyebut akan ada pernyataan atau statement menarik dalam pidato sidang tahunan yang disampaikan Ketua DPR Puan Maharani. Indra mengatakan, tampilan sidang tahun ini memang berbeda namun pimpinan DPR masih mengenakan baju adat seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Kalau tampilan memang berbeda, tapi juga memang ini kan periode terakhir jabatan eksekutif bapak presiden. Nanti juga dalam pidato-pidato baik pidato di sidang tahunan maupun di pidato sidang bersama pasti akan ada beberapa statement-statement cukup menarik terkait dengan kondisi aktual. Saya enggak bisa sebutkan, nama tapi nanti kita ikuti saja," ujar Indra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus.

"Kalau busana, busana Nusantara, saya nggak bisa sebutkan, seperti biasanya. Untuk sidang pagi ibu DPR pakai pakaian adat tapi belum bisa disebutkan," lanjutnya.

Indra memastikan, semua pimpinan DPR RI menginginkan Indonesia ke depan lebih baik dan lebih rukun. Serta bisa melakukan percepatan-percepatan pembangunan.

Usai mengikuti sidang tahunan, Indra mengatakan, pimpinan DPR nanti malam bakal bertolak ke Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk mengikuti upacara Hari Kemerdekaan. Diantaranya Ketua DPR Puan Maharani, Wakil Ketua DPR dari Fraksi NasDem Rahmat Gobel dan Wakil Ketua DPR dari Fraksi PKB Muhaimin Iskandar.

"Ada tiga yang sudah konfirmasi," katanya.

Kendati demikian, Sidang Tahunan DPR tidak mengundang Presiden dan Wapres Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka karena alasan keterbatasan ruang.

"Jadi untuk presiden terpilih dan wapres terpilih secara formil tidak kami undang mengingat keterbatasan-keterbatasan, karena hari ini tata letak kursi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di panggung utama itu hanya ada presiden, wapres dan pimpinan sidang ketua MPR, DPR dan DPD," ungkapnya.

"Begitu juga siang harinya hanya ada bapak presiden, wakil presiden dan pimpinan DPR. Jadi kalau selama ini jajaran menteri kabinet di stage utama, ini akan ditempatkan di blok B yang selama ini ditempati duta besar," pungkas Indra.