Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Targetkan 30 Embung di IKN Kelar Sampai Akhir 2024

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan, ada 30 embung yang akan diselesaikan di Ibu Kota Nusantara (IKN) sampai dengan akhir 2024 ini. Adapun rencana ke depannya akan diselesaikan 60 embung di ibu kota baru tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, embung MBH merupakan salah satu dari 22 embung di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) yang sudah diselesaikan.

Embung MBH memiliki tampungan 66.000 meter kubik dan menjadi bagian dari area Sumbu Kebangsaan dekat dengan Istana Negara dan Istana Garuda.

"Pada tahun ini, ditargetkan akan selesai hingga 30 embung dan rencananya ke depan akan terus ditambah hingga 60 embung," ujar Basuki seperti dikutip dari unggahan di akun Instagram resmi Kementerian PUPR @kemenpupr, Selasa, 13 Agustus.

Basuki menyebut, embung MBH juga dilengkapi dengan pedestrian, amphiteater, jogging track hingga ruang publik.

"Pembangunannya juga menerapkan konsep Smart Water Management System dalam perawatan area terbuka hijau melalui penyiraman otomatis (sprinkler) yang beroperasi menggunakan sensor dapat mendeteksi kadar air, tanah, suhu, kelembaban dan ph tanah," ucapnya.

Menurut Basuki, embung itu memiliki fungsi utama untuk konservasi air. Selain itu juga untuk estetika lingkungan.

"Sesuai konsep keberlanjutan lingkungan, area embung kami tanami dengan dengan berbagai tanaman menjadi ruang terbuka hijau. Sehingga, dapat meningkatkan kualitas microclimate di IKN," ungkapnya.