Tesla Tunda Rilis FSD v12.5 untuk Mobil dengan Sistem Komputer HW3

JAKARTA – Tesla terus melakukan pendistribusian versi terbaru dari Full Self-Driving (FSD) Supervised, yaitu v12.5, dalam beberapa minggu terakhir. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk kendaraan yang dilengkapi dengan komputer HW4 terbaru. Meskipun dijanjikan akan dirilis untuk kendaraan dengan HW3 minggu ini, CEO Elon Musk menyatakan bahwa timnya masih "bekerja keras" pada hal tersebut.

Sebagai informasi, salah satu peningkatan signifikan v12.5 adalah penggabungan tumpukan sistem untuk jalan raya dan perkotaan menjadi satu. Ini berarti sistem dapat membuat keputusan yang lebih cepat dan akurat dalam berbagai kondisi jalan. Selain itu, FSD v12.5 juga merupakan langkah maju dan       signifikan menuju visi Tesla untuk menciptakan kendaraan yang dapat mengemudi sendiri sepenuhnya. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, versi ini menunjukkan kemajuan yang pesat dalam teknologi otonom.

Pada Sabtu lalu, Musk mengungkapkan bahwa versi FSD Supervised yang akan dirilis untuk kendaraan HW3 akan memiliki nomor rilis yang berbeda dari v12.5.1.3 yang mulai didistribusikan pada Jumat. HW3, yang sebelumnya disebut AI3, merupakan perangkat keras yang digunakan oleh sebagian besar kendaraan Tesla di jalan raya.

Hal ini membuat banyak pemilik kendaraan dengan HW3 penasaran kapan mereka akan mendapatkan FSD v12.5, terutama karena versi ini telah dirilis secara bertahap sejak bulan lalu dan diharapkan membawa sejumlah peningkatan.

“Tim sedang mengerjakannya. Ini akan memiliki nomor rilis yang berbeda,” tulis Musk dalam postingan di X pada Sabtu.

Pernyataan ini muncul hampir dua minggu setelah perusahaan memulai rilis luas FSD v12.5.1, dan setelah Musk menjelaskan bahwa versi baru akan terlebih dahulu ditujukan untuk unit Model Y yang dilengkapi HW4, sebelum kemudian disebarluaskan. Musk juga mengatakan pada 29 Juli bahwa perkiraan waktu peluncuran FSD Supervised v12.5 untuk kendaraan HW3 adalah sekitar 10 hari, yang berarti seharusnya sudah dirilis pada Kamis jika sesuai dengan jadwal tersebut.

Melansir Teslarati, 12 Agustus, CEO Tesla juga memberikan beberapa konteks tentang mengapa dibutuhkan waktu untuk merilis FSD v12.5 ke kendaraan HW3, serta alasan mengapa versi ini memiliki lima kali lebih banyak parameter dibandingkan versi sebelumnya:

"Dibutuhkan upaya perangkat lunak yang cukup besar untuk mengoptimalkan kode agar dapat berjalan di HW3," kata Musk. "Ini juga perlu divalidasi secara terpisah."

Meskipun Cybertruck memiliki HW4, FSD Supervised masih belum tersedia dalam kapasitas apa pun di kendaraan listrik (EV) tersebut, meskipun diharapkan akan dirilis bersama dengan v12.5. Selama sebuah acara beberapa minggu lalu, Musk mengatakan bahwa FSD seharusnya akan dirilis untuk Cybertruck pada bulan Agustus, namun ia juga menyebutkan bahwa sulit untuk menentukan waktu pasti peluncurannya.