IDSurvey Gelar Kegiatan Bersepeda dan Salurkan Bantuan untuk Konservasi 'Kampung Blekok' di Bandung

JAKARTA - Dalam rangka memperingati 79 Tahun Kemerdekaan Indonesia, PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) (Persero), PT SUCOFINDO, dan PT Surveyor Indonesia yang tergabung dalam IDSurvey (Holding Jasa Survei) gelar rangkaian kegiatan bersepeda dan penyaluran bantuan untuk “Kampung Blekok” Kampung Ranca Bayawak, Gedebage, Bandung.

Turut hadir dan mengikuti rangkaian kegiatan adalah Direktur Keuangan, Administrasi, dan Manajemen Risiko PT BKI (Persero)/IDSurvey, Sinung Triwulandari, Direktur Layanan Industri PT SUCOFINDO, Budi Utomo, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Surveyor Indonesia, Wahyu Witjaksono, dan Direktur Sumber Daya Manusia PT Surveyor Indonesia, Lussy Ariani Seba.

Bertajuk “Wheel of Wonders” kegiatan ini ditujukkan selain sebagai bentuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia, juga untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) no. 3, Kehidupan Layak dan Sejahtera melalui kegiatan bersepeda dan TPB no. 15, Ekosistem Daratan melalui penyaluran bantuan untuk Konservasi Burung Blekok di Kampung Ranca Bayawak, Gedebage.

Sejalan dengan tema kemerdekaan ke-79, Nusantara Baru Indonesia Maju, Direktur Keuangan, Administrasi, dan Manajemen Risiko PT BKI (Persero), Sinung Triwulandari mengungkapkan bahwa salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkuat ikatan antar entitas untuk dapat maju dan tumbuh bersama-sama sebagai holding jasa survei.

“Kegiatan gowes dan CSR ini tentu selain kami harap dapat bermanfaat secara fisik baik kepada para pesepeda maupun kepada penerima manfaat CSR di Kampung Blekok, namun juga dapat menguatkan sinergi antar entitas, supaya dapat bersama-sama tumbuh dan mencapai tujuan besar sebagai IDSurvey, juga untuk memenuhi peran dan tugas kita dalam mencapai Indonesia Emas 204," ujar Sinung, dalam keterangan tertulisnya, Minggu 11 Agustus.

Direktur Layanan Industri PT SUCOFINDO, Budi Utomo mengungkapkan hal senada, terutama terkait peran industri testing, inspection, and certification (TIC) dalam pertumbuhan industri nasional.

“Sebagai perusahaan yang bergerak dalam industri TIC dan berkomitmen untuk dapat secara maksimal mendukung pertumbuhan industri nasional, keandalan layanan dan kompetensi holding secara kolektif harus dibangun melalui berbagai cara, salah satunya dengan inisiatif terkait budaya perusahaan, seperti kegiatan kita hari ini," jelasnya.

Rangkaian kegiatan bersepeda dan pemberian bantuan CSR ini juga merupakan wujud dari upaya penyeimbangan kegiatan perkantoran dengan kegiatan sosial dan penguatan fisik dan mental insan IDSurvey. Seperti diungkapkan oleh Direktur Sumber Daya Manusia PT Surveyor Indonesia, Lussy Ariani Seba.

“Rangkaian ini merupakan juga inisiatif budaya perusahaan yang mendukung employee wellbeing, melalui penyeimbangan kekuatan fisik, mental, dan jiwa insan IDSurvey, serta keterlibatan pegawai dalam kegiatan sosial yang kemudian dapat mendorong produktivitas serta keinginan untuk terus berkarya dan memberikan dampak pada masyarakat, baik sebagai individu, maupun sebagai bagian dari organisasi atau korporat," ujar Lussy.

Kegiatan CSR di “Kampung Blekok” sendiri terdiri dari pemberian 150 tunas tanaman hias yang akan ditanam di sepanjang akses jalan kampung, serta relokasi dan renovasi tempat pembuangan sampah yang diharapkan dapat menambah keasrian serta mendukung habitat burung blekok di kawasan konservasi.

"Kita hari ini menyalurkan 150 tunas tanaman hias supaya Kampung Blekok lebih asri, kemudian juga sudah kita salurkan bahan bangunan dan pendanaan untuk relokasi dan renovasi tempat pembuangan sampah warga yang lebih layak dan sedikit lebih jauh dari pohon-pohon bambu yang menjadi habitat bagi Burung Blekok." ujar Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Surveyor Indonesia, Wahyu Witjaksono.