Jokowi Siapkan Bonus untuk Apresiasi Medali Emas Veddriq dan Rizky di Olimpiade Paris 2024

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi perolehan emas yang diraih atlet panjat tebing Veddriq Leonardo dan atlet angkat besi Rizky Juniansyah dalam gelaran Olimpiade Paris 2024. Jokowi memastikan pemerintah akan memberikan bonus.

Jokowi mengaku senang dengan capaian dua atlet kebanggaan Indonesia itu. "Saya sangat senang, saya sangat mengapresiasi dan juga masyarakat saya kira semuanya senang terhadap perolehan emas dari Veddriq Leonardo di panjat tebing dan juga baru saja Rizky Juniansyah juga di angkat besi," ujar Jokowi saat dijumpai di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat 9 Agustus.

Sebagai kepala negara, Jokowi menyebut, negara mengapresiasi capaian yang diraih Veddriq dan Rizky. Prestasi ini juga membawa kebanggaan bagi rakyat Indonesia.

"Saya kira negara mengapresiasi, rakyat juga sangat bangga terhadap capaian emas itu," katanya.

Meskipun belum dilakukan pembahasan, Jokowi memastikan pemerintah akan memberikan bonus kepada para atlet yang berhasil memboyong emas dan mencetak sejarah baru bagi Indonesia itu.

"Ya, saya juga kan baru tahu subuh tadi, jadi nanti dibicarakan, yang jelas pasti ada bonus," ungkapnya.

Diketahui, Indonesia naik peringkat ke posisi 28 dalam klasemen sementara perolehan medali Olimpiade Paris 2024. Hasil ini didapatkan setelah Rizki Juniansyah menyumbang medali emas pada cabang angkat besi pada nomor 73 kilogram putra.

Sebelumnya, tunggal putri bulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung menyumbang medali perunggu. Medali emas baru didapat tim Indonesia dari cabang panjat tebing nomor speed melalui Veddriq Leonardo.