Gelar TC untuk Persiapan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, Nova Arianto Ungkap Kriteria Pemain

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto, kembali memimpin pemusatan latihan (TC) yang digelar di Lapangan Senayan, Jakarta, pada Kamis, 8 Agustus 2024, sore WIB. Dalam kesempatan kali ini, Nova Arianto menegaskan kriteria pemain yang bakal dipilihnya untuk masuk skuad.

TC yang dilakukan ini merupakan persiapan jelang tampil di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Mengingat pentingnya agenda itu, Nova tak sembarangan dalam menunjuk pemain.

Dia bahkan menegaskan kriteria yang harus dipenuhi pemain agar memenuhi syarat.

"Ya, pastinya itu (kriteria yang dicari) sesuai dengan yang dulu saya bicara, ya. Faktor tinggi badan, etos kerja, dan mental pemain. Itu menjadi catatan saya dalam menilai pemain," kata Nova Arianto usai memimpin latihan di Lapangan Senayan pada Kamis, 8 Agustus 2024, sore WIB.

Tiga kriteria tersebut menjadi patokan tetap Nova Arianto. Namun, dari ketiganya, mental menjadi hal paling diperhatikan sang pelatih.

Soalnya, jika mengukur dari segi kualitas, sang pelatih menyebut para pemain di dalam tim saat ini hampir memiliki kualitas merata.

"Kalau secara kualitas, sebenarnya 11-12 pada usia 16 ini. Namun, yang kami harapkan adalah mental mereka. Mau atau tidak (tampil maksimal dan membuktikan diri), itu yang saya cari diseleksi ini," tuturnya.

Setelah membeberkan kriteria pemain idaman, Nova Arianto juga menginformasikan bahwa pada agenda TC ini ia akan lebih fokus untuk mencari pemain belakang.

Alasannya, sang pelatih mengambil gambaran ketika timnya tampil pada Piala AFF U-16 2024 di Solo, Juli 2024.

"Saya cuma melihat posisi di lini belakang. Sekali lagi, hal itu menjadi catatan saya. Lini belakang kami di Piala AFF U-16 bermain belum begitu sempurna," kata Nova Arianto.

"Harapannya saya mendapatkan pemain yang sesuai dengan karakter kami. Sehingga, bisa menambah kekuatan kami di Kualifikasi (Piala Asia U-17 2025)," ujar sang pelatih.

Pada Kualifikasi Piala Asia U-17, Indonesia berada di Grup G. Garuda Muda satu grup bersama Australia, Kepulauan Mariana, dan Kuwait yang jadi tuan rumah.

Pada babak kualifikasi itu, ada 43 tim peserta yang dibagi menjadi 10 grup. Pertandingan akan berlangsung pada 19-27 Oktober 2024.