Sidang Kabinet di IKN Akan Bahas Transisi Pemerintahan

JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyampaikan bahwa sidang kabinet paripurna yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju di Ibu Kota Nusantara, akan membahas antara lain soal transisi pemerintahan.

"Sidang kabinet paripurna biasanya akan membahas hal-hal yang lebih umum, sebagaimana sidang kabinet paripurna biasanya," kata Pratikno saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 6 Agustus.

Pratikno menjelaskan bahwa seluruh menteri akan diundang untuk menghadiri sidang kabinet paripurna yang akan berlangsung di Istana Presiden di IKN pada Senin, 12 Agustus 2024.

Ia menjelaskan bahwa pembahasan dalam sidang tersebut akan mencakup evaluasi pemerintahan pada tahun ini, terutama pada tahun terakhir masa jabatan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Selain itu, sidang ini juga akan membahas perencanaan untuk tahun depan, termasuk transisi pemerintahan kepada presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

"Apalagi sekarang kita berada di masa-masa akhir pemerintahan Presiden Jokowi dan akan ada transisi ke pemerintahan Pak Presiden Prabowo," ujar Pratikno.

Sebelumnya, Plt Kepala Otorita IKN sekaligus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa Istana Garuda dan Istana Negara akan disiapkan untuk sidang kabinet yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Meskipun tidak memberikan perincian lebih lanjut, Basuki menyebut bahwa kedua istana tersebut akan disiapkan untuk acara tersebut.

"Saya belum tahu pasti apakah akan diadakan di Istana Negara atau Istana Garuda. Keduanya akan kita siapkan," kata Basuki saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin (5/8/2024).

Basuki juga menjelaskan bahwa di Istana Negara, OIKN akan menyiapkan empat ruangan atau hall untuk menampung semua menteri kabinet.