Suzuki Umumkan Recall Motor V-Strom 800DE di Inggris, Ini Penyebabnya

JAKARTA - Kabar kurang bagus untuk para pengguna Suzuki V-Strom 800DE di Inggris. Pasalnya, pabrikan mengumumkan penarikan kembali (recall) karena permasalahan pada ban belakang.

Melansir Motorcyclenews, Rabu, 31 Juli, pabrikan berlogo ‘S’ ini meminta para pemilik kendaraan yang terdampak untuk berhenti mengendarai sepeda motornya jika alami cacat ban belakang Dunlop Trailmax Mixtour OE.

Penarikan kembali ini diperkirakan melibatkan sebanyak 304 unit sepeda motor di Inggris. Ini sekaligus menunjukkan komitmen Suzuki terhadap keselamatan para pemilik kendaraan.

“Pemilik unit yang terkena dampak akan dihubungi mulai hari ini dan diarahkan untuk menghentikan aktivitas berkendara sampai ban pengganti dipasang oleh dealer resmi Suzuki,” tulis pernyataan pabrikan.

Jika pemilik sepeda motor Suzuki V-Strom 800DE telah melakukan pergantian pada bannya sebelum penarikan kembali diumumkan, maka pabrikan akan mengganti biaya perbaikannya.

Penarikan kembali ini juga berarti menghentikan sementara registrasi baru sampai masalah ini teratasi sehingga pelanggan yang telah memesan model ini harus menunggu dalam waktu lebih lama dari seharusnya.

V-Strom 800DE memiliki kemampuan off-road yang mengesankan dengan kombinasi roda jari-jari 21/17 inci dan ban Dunlop Trailmax Mixtour, motor ini siap menghadapi tantangan medan yang beragam.

Baik di jalan raya maupun di jalur offroad, V-Strom 800DE menunjukkan kinerja yang tangguh dan stabil. Suspensi dari Showa dengan sepasang garpu yang dapat disetel sepenuhnya di depan dan monoshock yang dapat disetel di bagian belakang memberikan kenyamanan dan penanganan yang optimal.

Dengan ground clearance yang cukup sebesar 220mm dan tinggi tempat duduk 855mm, motor ini mampu melewati berbagai rintangan dengan percaya diri.

Selain tangguh, motor ini juga dibekali sejumlah fitur canggih, seperti mode berkendara yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna, quickshifter, serta traction control yang memberikan stabilitas ekstra saat berkendara di medan sulit.

Motor ini juga dibekali mesin paralel-twin 776 cc yang kuat, motor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 82 dk dan torsi 78Nm. Ditambah dengan gearbox enam kecepatan yang responsif.

Motor ini telah dijual di beberapa pasar, termasuk India dengan harga 1,030 juta rupee atau setara Rp200 jutaan.