Soal Susunan Menteri, Gibran: Semakin Ngerucut, Tunggu Aja

TANGERANG - Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Gibran Rakabuming Raka mengatakan telah mengantongi susunan nama-nama menteri dalam kabinet Prabowo Subianto-Gibran. Namun, hal itu tidak disampaikan untuk saat ini.

Ia hanya memastikan jika nama-nama yang bakal masuk di kabinet mendatang semakin mengerucut.

“Ya ini semakin mengerucut ke beberapa nama, ditunnggu aja,” kata Gibran di kawasan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Selasa, 30 Juli.

Gibran menyampaikan jika untuk penentuan Menteri-menteri yang dipilihnya masih beberapa waktu. Oleh sebab itu, ia meminta masyarakat untuk menunggu soal siapa saja yang dipilih dalam kabinetnya tersebut.

“Belum ini bulan apa?, Juli, Agustus, September, Oktober,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan bahwa proses penyusunan kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran belum dimulai sebab Menteri Pertahanan RI itu saat ini masih terus melakukan komunikasi dan kajian untuk merumuskan komposisi kabinet pemerintahan 2024-2029.

"Komunikasi-komunikasi masih dilakukan, kemudian Pak Prabowo masih melihat portofolio-portofolio yang ada, kemudian masih melakukan pengkajian-pengkajian kementerian-kementerian yang ada sehingga terlalu dini rasanya kemudian susunan-susunan kabinet itu sudah keluar," katanya.

Menurut dia, daftar susunan kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran yang banyak beredar itu mungkin sebuah aspirasi bagi perumusan kursi-kursi menteri periode mendatang.

"Bahwa itu juga mungkin dikeluarkan untuk menjadi aspirasi ya mungkin, tapi kami tegaskan sekali lagi bahwa itu tidak benar dan belum pernah dikeluarkan oleh Pak Prabowo Subianto dan timnya," tandasnya.