Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah selebritis kulit putih Amerika Serikat (AS) mengumpulkan dana sebesar 4 juta AS atau sekitar Rp65 miliar untuk mendukung calon presiden (capres) wanita Kamala Harris dalam Pilpres AS 2024.

Dana itu berhasil dikumpulkan dalam forum panggilan aplikasi online Zoom yang diikuti 180.000 peserta. Banyak selebritis kulit putih AS terlibat dalam acara yang digagas organisasi terafiliasi Partai Demokrat tersebut.

Selama hampir 3 jam 30 menit panggilan Zoom, panitia acara mengatakan telah menjual lebih dari 5.700 topi 'White Dude for Harris' yang hasilnya didonasikan untuk Kamala.

"Sepanjang sejarah Amerika, ketika orang kulit putih berorganisasi, sering kali dengan topi runcing," kata salah satu penyelenggara acara tersebut, Ross Morales Rocketto, dikutip dari NBC News, Selasa 30 Juli.

Salah satu selebritis yang terlibat, Jeff Bridges bintang film The Big Lebowski, mengaku gembira atas hasil dari forum pertemuan sesama orang kulit putih tersebut.

"Saya memenuhi syarat, Bung! Saya orang kulit putih, saya seorang pria, dan saya mendukung Harris," kata Bridges.

"Seorang presiden wanita, Bung, sungguh mengasyikkan!" sambungnya.

Forum Zoom ini juga dihadiri sejumlah sosok yang masuk bursa calon wakil presiden pendamping Kalama, Menteri Transportasi AS, Pete Buttigieg; Gubernur Minnesota, Tim Walz; Gubernur Illinois, JB Pritzker; dan Gubernur North Carolina, Roy Cooper.

"Suasananya luar biasa," kata Buttigieg.

Sebelumnya, Tim Walz yang namanya paling moncer dalam bursa pendamping Kamala dalam beberapa hari terakhir, menyambut positif gagasan Kamala mengalahkan capres Donald Trump.

"Buat bajingan itu bangun setelahnya dan tahu bahwa seorang wanita kulit hitam menendang pantatnya dan mengirimnya ke jalan dan Anda tahu bahwa itu adalah sesuatu yang harus dijalani pria itu selama sisa hidupnya," kata Walz saat tampil di salah satu TV AS.

Adapun selain nama yang telah disebut, Kamala Harris juga didukung kepala infrastruktur Gedung Putih Mitch Landrieu, Rep. Adam Schiff dari California, mantan Senator Doug Jones dari Alabama, dan Rep. Steny Hoyer dari Maryland.

Mereka menjanjikan sokongan dana sebesar 50 ribu dolar AS untuk Kamala demi mengarungi Pilpres AS 2024