Triatlon Putra Olimpiade 2024 Dibatalkan Beberapa Jam Sebelum Tanding

JAKARTA - Perlombaan pertama yang dilangsungkan di Sungai Seine, triatlon putra, dibatalkan hanya beberapa jam sebelum dimulai pada Selasa, 30 Juli 2024.

Pembatalan itu terkait kualitas air terakhir menunjukkan tingkat polusi yang tidak sehat.

Panitia penyelenggara mengumumkan penundaan cabang olahraga triatlon putra hanya beberapa saat sebelum pukul 05.00 pagi waktu setempat.

"(Panitia) Paris 2024 dan World Triathlon menegaskan kembali bahwa kesehatan para atlet adalah prioritas," bunyi pernyataan resmi setelah pertemuan pada pukul 03.30 pagi waktu Paris.

Panitia Olimpiade 2024 telah membatalkan sesi latihan di Sungai Seine yang dijadwalkan pada 28 dan 29 Juli 2024 karena tingkat polusi yang tidak aman akibat hujan minggu lalu.

Sebelumnya, mereka sempat menyatakan keyakinan bahwa triatlon putra bisa digelar sesuai jadwal. Panitia Penyelengara Olimpiade 2024 optimistis polusi akan turun tepat waktu untuk perlombaan hari Selasa mengingat kondisi cuaca cerah dan terik di Paris minggu ini. Hal itu diprediksi membantu menjaga tingkat bakteri tetap rendah.

Namun, nyatanya tak demikian. Sebelum perlombaan dimulai pukul 08.00 pagi waktu setempat, kualitas air masih tidak dalam ambang aman.

Benjamin Maze, Direktur Teknis Federasi Triatlon Perancis, mengatakan bahwa ada sedikit kemarahan dari para peserta.

"Para atlet bangun sebelum pukul 4 pagi. Mereka sedang sarapan ketika kami menerima informasi dari federasi internasional. Jelas, ada sedikit kemarahan dan banyak kekecewaan," kata Maze kepada radio FranceInfo.

Panitia penyelenggara akhirnya mengumumkan perlombaan triatlon putra ditunda 24 jam. Pertandingan tunda kemudian dijadwalkan pada Rabu, 31 Juli 2024, setelah triatlon putri rampung.

Masalahnya, Ancaman badai pada Selasa malam juga menimbulkan keraguan tentang kelayakan penyelenggaraan perlombaan triatlon putra dan putri pada Rabu.

"Masih banyak ketidakpastian tentang lintasan dan intensitasnya. Kami tidak dapat mengatakan apa pun dengan pasti."

"Jika terjadi badai pada malam hari yang mengakibatkan curah hujan yang signifikan, hal itu akan berdampak pada kualitas air di Sungai Seine," Christophe Calas, seorang prakirawan cuaca yang bertugas di panitia penyelenggara Olimpiade Paris 2024.

Memalukan

Penundaan pertandingan triatlon putra pada Selasa merupakan hal yang memalukan bagi otoritas Perancis yang telah menginvestasikan 1,4 miliar euro selama dekade terakhir untuk membersihkan Sungai Seine.

Dana itu dihabiskan salah satunya untuk fasilitas pengolahan dan penyimpanan air baru yang besar di dalam dan sekitar Paris.

Hujan deras masih membanjiri saluran pembuangan bawah tanah dan sistem pembuangan limbah kota, yang menyebabkan limbah yang tidak diolah dibuang ke jalur air.

Setelah musim semi yang sangat basah dan awal musim panas, Sungai Seine terus-menerus gagal dalam uji air hingga awal Juli 2024. Kadar bakteri E.Coli terkadang 10 kali lebih tinggi dari batas yang diizinkan.

Penyelenggara Olimpiade Paris 2024 telah memasukkan fleksibilitas ke dalam jadwal mereka untuk menunda perlombaan triatlon selama beberapa hari. Sebagai upaya terakhir, mereka mengatakan akan membatalkan cabang renang triatlon dan mengubah perlombaan menjadi duatlon dengan hanya lari dan bersepeda.

Sungai Seine akan digunakan untuk estafet campuran triatlon pada tanggal 5 Agustus 2024 dan renang maraton sejauh 10 kilometer di perairan terbuka pada 8-9 Agustus 2024.

Namun, renang maraton masih dapat dipindahkan ke lokasi lain di Vaires-sur-Marne, Sungai Marne, di sebelah timur Paris.

Sementara itu, pada awal Juli 2024, Wali Kota Paris, Anne Hidalgo, berenang di Sungai Seine bersama dengan Kepala Panitia Penyelenggara Olimpiade Paris 2024, Tony Estanguet, untuk menunjukkan bahwa sungai tersebut cukup bersih.

Anne Hidalgo berencana untuk membuat tiga tempat pemandian umum di Sungai Seine bagi warga Paris tahun depan, satu abad setelah pelarangan berenang di sungai tersebut.