Citilink Buka Rute Penerbangan Langsung Kualanamu - Jeddah

JAKARTA - PT Angkasa Pura Aviasi selaku pengelola Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara menyebutkan maskapai Citilink anak perusahaan Garuda Indonesia membuka rute penerbangan langsung Kualanamu-Jeddah pulang pergi.

"Kami menyambut baik hadirnya rute perdana penerbangan umrah maskapai Citilink ini," ucap Director of Commercial and Business Development PT Angkasa Pura Aviasi Kedar Deshpande di Deli Serdang, Sumatera Utara, Ahad.

Usai  seremoni di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang yang dihadiri Direktur Niaga dan Kargo PT Citilink Indonesia Ichwan F Agus dan sejumlah pemangku kepentingan, Kedar mengatakan rute Kualanamu - Jeddah mulai dioperasikan pada Minggu ini.

Pihaknya mengaku gembira dengan rute baru itu karena memenuhi kebutuhan calon jamaah umrah, khususnya jamaah asal Sumatera Utara yang terus meningkat setiap tahun.

Data Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara menyebut, sebanyak 38.224 jamaah umrah telah berangkat ke tanah suci pada 2023 meningkat sekitar 36,54 persen dibandingkan pada 2022.

"Kami juga merealisasikan jalur transit internasional ke domestik. Tentu ini memudahkan jamaah umrah melanjutkan penerbangan dengan maskapai yang sama saat tiba di Bandara Kualanamu," jelasnya seperti dikutip Antara.

Sebab, lanjut dia, jalur transit internasional ke domestik ini bertujuan memberikan pelayanan bagi penumpang untuk mempermudahkan perjalanan dengan proses lebih cepat dan ringkas.

Dalam penerbangan perdana ini, maskapai Citilink menggunakan pesawat Boeing A330-900 NEO rute Jeddah - Kualanamu yang membawa sebanyak 358 penumpang, dan Kualanamu - Jeddah diisi oleh 360 penumpang jamaah umrah.