Olimpiade Paris Akan Tampilkan AI Generatif untuk Penonton Amerika, Penonton Eropa Harus Menunggu

JAKARTA - Olimpiade Paris akan menjadi ajang pameran teknologi AI generatif untuk pemirsa Amerika Serikat, sementara pemirsa di Eropa tidak akan mengalami pendekatan serupa. Perbedaan ini mencerminkan bagaimana perusahaan media global masih mempertimbangkan penggunaan teknologi tersebut.

NBCUniversal, milik Comcast, akan menggunakan AI untuk siaran Olimpiade di AS, termasuk menciptakan kembali suara seorang komentator olahraga legendaris. Sebaliknya, divisi olahraga Warner Bros. Discovery di Eropa menyatakan bahwa teknologi tersebut masih terlalu awal untuk peran seperti komentator olahraga.

Warner Bros. Discovery, yang akan menyiarkan Olimpiade melalui platform streaming Max dan discovery+ di seluruh Eropa, menerima demo dari perusahaan teknologi untuk menerjemahkan pidato ke bahasa lain. Namun, demo tersebut belum mampu menghadirkan emosi yang muncul dalam momen olahraga yang mendebarkan. "Dalam setiap bagian dari demo mereka, memang kata-kata telah diterjemahkan dengan benar, tetapi perasaan atau narasi tidak," ujar , kata Scott Young, wakil presiden senior di Warner Bros. Discovery Sports Europe. 

Misalnya, ketika pelari Italia, Marcell Jacobs, mengejutkan dunia dengan memenangkan emas di nomor 100 meter putra di Tokyo, komentator Italia berteriak dalam reaksinya, menunjukkan momen otentik. "Para ahli yang duduk berdampingan, benar-benar hidup dalam cerita itu," kata Young. "Sangat sulit untuk secara otomatis menghasilkan itu."

Sementara itu, penonton AS akan merasakan AI saat menonton Olimpiade di NBC atau layanan streaming Peacock melalui kemitraan baru antara NBCUniversal, Google, dan Tim USA. Gambar Google Map yang ditingkatkan dengan AI dari tempat-tempat Olimpiade akan membantu penonton merasakan suasana Paris, dan pembawa acara NBC akan mendemonstrasikan bagaimana pencarian AI Google dapat menjawab pertanyaan tentang kompetisi.

NBCUniversal juga akan menggunakan AI generatif untuk membuat briefing harian yang dipersonalisasi dari acara Olimpiade, yang akan dinarasikan oleh rekaan suara AI dari komentator olahraga Al Michaels. Hampir tujuh juta variasi rekap harian dapat dibuat selama Olimpiade Paris, kata NBCUniversal.

Perusahaan media ini memiliki hak siar Olimpiade terbesar di dunia dan membayar 7,65 miliar dolar AS (Rp124,7 triliun) untuk menyiarkan Olimpiade hingga 2032. Olympic Broadcasting Services, yang memproduksi liputan netral yang dapat digunakan oleh perusahaan media di seluruh dunia, juga memanfaatkan AI untuk membantu memotong sejumlah besar rekaman menjadi sorotan singkat. Namun mereka sebelumnya juga mengatakan bahwa mereka tetap berhati-hati terhadap risiko deepfakes dan "mengganggu realitas."

Dengan seberapa cepat kemampuan AI berkembang, mungkin tidak lama lagi penggemar olahraga Eropa akan melihat lebih banyak teknologi ini. "Kami mungkin hanya satu Olimpiade Musim Panas lagi dari dampak nyata bagi kami," kata Young. Olimpiade Musim Panas berikutnya adalah Olimpiade Los Angeles 2028.