Begini Cara Temukan iPhone Menggunakan Ponsel Android

JAKARTA – Perangkat Apple yang hilang bisa ditemukan dengan mudah menggunakan iPhone. Jika perangkat yang hilang adalah iPhone, Anda mungkin bingung dan tidak tahu harus mencarinya dengan apa.

Anda tidak perlu khawatir karena iPhone juga bisa dicari menggunakan ponsel Android. Jika Anda memiliki perangkat Android yang terabaikan di rumah, Anda bisa mengikuti dua cara yang dikutip dari How to Geek untuk menemukan iPhone yang hilang.

Gunakan Situs Web Find My

Selain tersedia dalam bentuk aplikasi, Find My juga bisa diakses melalui situs web. Anda bisa membuka browser di perangkat Android, lalu buka iCloud.com. Setelah itu, masukan ID Apple dan kata sandi yang Anda gunakan di iPhone.

Saat diminta memasukkan kode autentikasi dua faktor (2FA), Anda bisa mengabaikan tahapan ini. Anda hanya perlu mengetuk tombol Temukan Perangkat di bagian bawah hingga tampilan peta dengan perangkat yang terhubung muncul.

Ketuk tampilan iPhone Anda yang hilang, lalu perbesar lokasinya hingga Anda bisa melihat dengan lebih jelas. Jika perangkatnya berada di sekitar, Anda bisa mengaktifkan tombol Putar Suara untuk memunculkan suara dari perangkat Anda.

Periksa Timeline Google Maps

Berikutnya, Anda bisa mencari iPhone yang hilang menggunakan Google Maps. Metode ini bisa digunakan jika aplikasi Google Maps terunduh di iPhone Anda. Selain itu, Anda juga pernah mengaktifkan layanan lokasi untuk Riwayat Lokasi.

Jika sudah melakukan dua hal di atas, buka Google Maps melalui ponsel Android, lalu masukan akun yang sama dengan yang ada di iPhone Anda. Setelah itu, klik ikon profil di sudut kanan atas, lalu pilih menu Timeline Anda.

Dengan membuka menu ini, Anda bisa melihat riwayat lokasi terkini. Google Maps mencatat seluruh gerakan penggunanya, baik itu jalan kaki maupun arah pulang-pergi. Catatan ini akan mempermudah Anda dalam mencari iPhone yang hilang.