Serangan ke Desa di Papua Nugini Tewaskan 26 Orang termasuk 16 Anak-anak

JAKARTA - Serangan kekerasan terhadap tiga desa terpencil di utara Papua Nugini (PNG) kemungkinan menewaskan 26 orang, termasuk 16 anak-anak.

Sementara sejumlah orang terpaksa melarikan diri setelah penyerang membakar rumah mereka, menurut PBB.

“Saya ngeri dengan meletusnya kekerasan mematikan yang mengejutkan di Papua Nugini, yang tampaknya merupakan akibat dari perselisihan mengenai kepemilikan tanah dan danau serta hak penggunaan,” kata Kepala Hak Asasi Manusia PBB Volker Turk dilansir Reuters, Kamis, 25 Juli.

Jumlah korban tewas bisa meningkat menjadi lebih dari 50 orang saat pihak berwenang PNG mencari orang hilang, kata Turk.

Lebih dari 200 orang harus meninggalkan rumah mereka setelah rumah tersebut dibakar dalam serangan yang terjadi di provinsi Sepik Timur pada tanggal 16 dan 18 Juli.

Sebagai rumah bagi ratusan suku dan bahasa, negara Pasifik di utara Australia, Papua Nugini memiliki sejarah panjang peperangan suku.

Namun, kekerasan meningkat dalam satu dekade terakhir ketika penduduk desa menukar busur dan anak panah dengan senapan militer dan pemilu yang memperdalam perpecahan suku.

Delapan orang tewas dan 30 rumah dibakar dalam pertempuran di provinsi Enga pada Mei. Sementara 26 orang tewas dalam penyergapan di wilayah yang sama pada bulan Februari.