4 Bank BUMN Masuk Top 1.000 World Banks 2024, Erick Thohir: Alhamdulillah, jadi Tambahan Motivasi

JAKARTA - The Banker, media internasional merilis Top 1.000 World Banks 2024.

Dalam daftar tersebut terdapat 26 bank yang berasal dari Indonesia, dimana empat di antaranya adalah bank milik BUMN.

Bank yang dimaksud adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Dimana dalam daftar tersebut bank BRI menempati posisi ke-110. Kemudian bank Mandiri, di posisi 120. Lalu, BNI berhasil menempati posisi 192. Sedangkan BTN di posisi 611.

Adapun prameter penilaian The Banker dalam menentukan Top 1.000 World Banks 2024 ini meliputi tier 1 capital, aset, profit pre tax, capital asset ratio, return on capital dan return on asset.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bilang pengakuan dunia internasional terhadap perbankan Indonesia tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi yang kuat dan stabil.

“Alhamdullah 4 bank milik BUMN yaitu BRI, bank Mandiri, BNI dan BTN masuk dalam Top 1000 World Banks 2024 dari media internasional, The Banker,” katanya dikutip dari Instagram @erickthohir, di Jakarta, Kamis, 25 Juli.

Erick juga bilang keberhasilan tersebut merupakan penghargaan atas transformasi dan kerja keras yang sudah dilakukan di tengah ketidakpastian ekonomi dunia.

“Pengakuan dari dunia internasional ini harus menjadi tambahan motivasi untuk seluruh insan BUMN untuk bisa terus memberikan manfaat untuk Indonesia. Semangat,” tuturnya.