Jadwal Hari Pertama Bulu Tangkis Indonesia di Olimpiade 2024

JAKARTA – Jadwal pertandingan hari pertama cabang olahraga (cabor) bulu tangkis Olimpiade Paris 2024 sudah resmi dirilis. Sembilan wakil Indonesia pun akan bermain.

Cabor bulu tangkis akan memulai babak penyisihan grup pada Sabtu, 27 Juli 2024, sehari setelah acara pembukaan.

Sektor tunggal putra, dua wakil Indonesia, yakni Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, sama-sama mendapat lawan mudah di hari pertama.

Jonatan, yang mengisi Grup L bersama tiga tunggal lain, akan mengawali perjalanan dengan melawan wakil Belgia, Julien Carraggi.

Adapun Ginting yang menghuni Grup H akan memulai misi dengan bersua pebulu tangkis tunggal putra asal Amerika Serikat, Howard Shu.

Jonatan dan Ginting di atas kertas diunggulkan menang atas lawan-lawannya.

Kemudian ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan turun melawan wakil tuan rumah, Ronan Labar/Lucas Corvee.

Pasangan tersebut tampil di Paris setelah menang banding di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) atas kesalahan yang dilakukan oleh BWF dalam penghitungan poin Road to Olympic.

Lawan mudah juga akan dihadapi tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung di hari pertama. Juara dunia junior 2017 itu akan bersua dengan tunggal Ukraina, Polina Buhrova.

Sementara itu, awal yang berat akan dihadapi oleh ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Pasangan ini akan bersua unggulan pertama asal China, Chen Qingchen/Jia Yifan.

Sebelumnya, kedua pasangan itu sudah bersua sebanyak tujuh kali. Dari jumlah bentrok tersebut, Apri/Fadia hanya menang satu kali di Malaysia Open 2022.

Satu wakil Indonesia lainnya ialah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dari ganda campuran. Mereka juga mendapat ujian berat di awal karena bersua dengan nomor delapan dunia asal Korea Selatan, Kim Won-ho/Jeong Na-eun.

Jadwal Wakil Indonesia di Hari Pertama Olimpiade Paris 2024

Sabtu, 27 Juli 2024

Tunggal Putra

Jonatan Christie vs Julien Carraggi (BELGIA)

Anthony Sinisuka Ginting vs Howard Shu (AMERIKA SERIKAT)

Ganda Putra

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Ronan Labar/Lucas Corvee (PRANCIS)

Tunggal Putri

Gregoria Mariska Tunjung vs Polina Buhrova (UKRAINA)

Ganda Putri

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Chen Qingchen/Jia Yifan (CHINA)

Ganda Campuran

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Kim Won-ho/Jeong Na-eun (KOREA SELATAN)