Ilaix Moriba Bermimpi Ikuti Messi, Raih Emas Olimpiade pada Usia 21 Tahun

JAKARTA - Ilaix Moriba ingin mengikuti jejak seniornya di Barcelona, Lionel Messi, saat membela Guinea di Olimpiade Paris 2024.

Moriba bermimpi bisa meraih medali emas Olimpiade 2024 cabang sepak bola saat berusia 21 tahun. Hal serupa pernah dilakukan Messi ketika memenangi Olimpiade Beijing 2008, juga ketika berusia 21 tahun.

Dia yakin Guinea bisa berbicara banyak di Paris meski mereka lolos kualifikasi melalui jalur terakhir, yaitu playoff.

"Olimpiade adalah sesuatu yang tidak bisa Anda alami setiap tahun," kata Moriba di laman FIFA.

"Anda melihat foto-foto mistis, seperti Messi memenangi medali emas. Jadi, Anda tahu ini adalah momen spesial dan tidak boleh dilewatkan jika ada kesempatan."

"Jika hal itu tidak diberikan kepada Anda, maka Anda perlu mencarinya. Itulah yang telah saya lakukan," ujar Moriba lagi.

Moriba sangat menjunjung Messi ketika masih sama-sama di Barcelona hingga 2021.

Bahkan, dia ikut meninggalkan Camp Nou saat megabintang Barcelona itu bergabung Paris Saint-Germain.

Ilaix Moriba sampai kini berseragam RB Leipzig. Dia sempat dipinjamkan ke Valencia selama dua musim dan setengah musim lalu bersama Getafe.

Sekarang, Moriba ingin membuntuti Messi lagi. Dia tak akan menyia-nyiakan kesempatan yang sudah ada di depan mata.

Moriba akan mengejar target medali emas Olimpiade Paris 2024 meski banyak lawan kuat, salah satunya Argentina.

Motivasi kian berlibat lantaran bagi Guinea, Olimpiade 2024 merupakan debut mereka di multievent olahraga terbesar dunia tersebut.

"Saya mencarinya dan sekarang memiliki kesempatan untuk ambil bagian. Kualifikasi sudah menjadi sebuah sejarah bagi negara ini, tapi kami ingin hal ini menjadi lebih bersejarah lagi."

"Saya memiliki kepercayaan diri yang besar terhadap tim ini. Saya telah terlibat selama dua tahun. Selama itu kami telah mengalami banyak kemajuan. Sudah saatnya kerja keras beberapa tahun terakhir membuahkan hasil."

"Ini mulai terjadi dan negara ini melihatnya. Sekarang kami ingin semua orang mewujudkannya dan benar-benar menempatkan diri kami di peta sepak bola."

"Mentalitas saya adalah ingin menang. Saya tidak takut kepada siapa pun. Sikap kami adalah meninggalkan segalanya dan mempertahankan pekerjaan hebat yang telah kami lakukan," kata Moriba.

Guinea menghuni Grup A dari 16 peserta di cabang sepak bola Olimpiade Paris 2024. Mereka akan menghadapi tuan rumah Perancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru di fase grup.