Piala AFF U-19 2024: Indonesia U-19 Bidik Rekor Sempurna di Laga Terakhir Grup

JAKARTA - Timnas Indonesia U-19 akan melakoni laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2024 menghadapi Timor Leste U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa, 23 Juli 2024.

Pasukan Indra Sjafri memidik rekor sempurna alias menutup fase grup dengan kemenangan di semua laga sekaligus melangkah ke semifinal sebagai juara grup.

Garuda Muda memang diunggulkan dalam pertemuan kontra Timor Leste U-19. Selain tampil di hadapan pendukung sendiri, Indonesia U-19 juga unggul dalam rekor pertemuan.

Timnas Indonesia U-19 selalu menang sepanjang bentrok dengan Timor Leste U-19 di ajang yang serupa.

Mereka sudah dua kali bertemu di Piala AFF U-19, yaitu pada 2013 dan 2019. Dari dua perjumpaan itu, Indonesia U-19 selalu menang dan tidak pernah kebobolan.

Pertemuan pertama terjadi pada semifinal Piala AFF U-19 2013. Ketika itu Indonesia U-19 menang 2-0 atas Timor Leste U-19 lewat gol dari Ilham Udin Armaiyn dan Muhammad Hargianto.

Bentrok terakhir terjadi di babak grup Piala AFF U-19 2019. Pada laga itu, Indonesia U-19 bahkan menang besar 4-0 atas Timor Leste U-19.

David Maulana, Salman Alfarid, Beckham Putra, dan Sutan Zico menyumbang keempat gol Garuda Muda itu.

Meski demikian, Indra Sjafri menegaskan anak didiknya tak boleh jemawa melihat catatan itu.

"Timor Leste U-19 tentu tetap harus kita waspadai. Mereka memiliki pemain dengan bakat alam yang bagus," kata Indra.

Indra Sjafri lebih lanjut mengungkapkan bahwa dia sudah mempersiapkan sejumlah rencana bermain agar bisa meraih target kemenangan sempurna di fase grup.

"Ada dua hal yang mungkin kami antisipasi, dari kemungkinan-kemungkinan respons kami terhadap pertandingan lawan Timor Leste U-19."

"Satu, apakah mereka melayani kami dengan pertandingan terbuka karena perlu menang. Atau, mereka realistis seperti Kamboja U-19 kemarin melayani kami yang main deep defending."

"Kami bikin respons dalam sesi latihan untuk bagaimana tim ini bisa lebih mencair," ujar pelatih asal Sumatera Barat itu.

Pelatih berusia 61 tahun itu mengatakan bahwa pasukannya siap dengan apa pun skema permainan lawan. Indonesia U-19 juga tidak takut menghadapi Timor Leste U-19 yang bermain tertutup dengan pertahanan rapat.

Pengalaman saat memenangi laga kontra Kamboja U-19 yang bermain rapat dengan skor 2-0 turut meningkatkan kepercayaan diri para pemain saat ini.

"Dengan pengalaman kami kemarin, saya pikir anak-anak lebih percaya diri untuk bisa menghadapi tim-tim yang bermain dengan deep defending," ucapnya.

Terlepas dari rencana penyerangan, Indra Sjafri juga tak melupakan sektor pertahanan. Dia ingin produktivitas gol dan catatan clean-sheet berkat pertahanan solid tetap konsisten.

"Kami evaluasi pertahanan jangan ada kebobolan. Untuk serangan juga kami harus banyak cetak gol. Harus bisa cetak gol," ujar Indra.

Indonesia U-19 sejatinya hanya butuh hasil seri demi lolos ke semifinal. Namun, Garuda Muda tetap mengincar kemenangan agar menjaga rekor kemenangan sempurna di fase grup.

Sebelumnya, Indonesia U-19 meraih dua kemenangan saat melawan Filipina U-19 (6-0) dan Kamboja U-19 (2-0).