Ketua DPP NasDem Sebut Surya Paloh Dukung Penuh Kaesang Maju Pilgub Jateng

JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Partai (DPP) NasDem Roberth Rouw menyebut ketua umumnya, Surya Paloh memberi dukungan penuh kepada Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep untuk maju sebagai calon Gubernur Jawa Timur.

Hal ini diungkapkan Surya Paloh saat menerima kunjungan Kaesang dan jajaran pengurus PSI di NasDem Tower. Surya Paloh menyebut NasDem akan ikut mengusung Kaesang jika mencalonkan diri dalam Pilgub Jateng.

"Masalah Pilkada Jateng, tadi ketum saya sudah sampaikan beliau respek kalau Mas Kaesang maju di Jateng. NasDem akan beri dukungan penuh kepada beliau," kata Robert di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin, 22 Juli.

Surya melihat Kaesang lebih punya potensi kemenangan jika menjadi cagub Jateng ketimbang maju dalam Pilkada DKI Jakarta. Sebab, pada sejumlah survei, Kaesang memiliki elektabilitas tertinggi dalam bursa cagub Jateng.

"Pak Surya sampaikan, kalau Mas Kaesang ke Jawa Tengah lebih baik, melihat potensinya beliau. Ya kan? Dan itu menjadi pertimbangan Mas Kaesang dan NasDem akan mendukung penuh kalau beliau maju ke Jawa Tengah," tutur dia.

Selain elektabilitas, faktor lain yang membuat Surya ingin mendukung Kaesang maju dalam Pilkada Jawa Tengah karena melihat sosok putra Presiden Joko Widodo yang berani terjun di dunia politik sejak usia muda.

"Pak Surya memberikan apresiasi itu bahwa Mas Kaesang ini anak muda. Harusnya anak muda bisa berani untuk maju. Beliau sangat respect dengan keberanian Mas Kaesang masuk di politik sebagai anak muda," jelas Robert.

Hari ini, Kaesang menyambangi NasDem Tower untuk menemui Surya Paloh. Berbeda dari pertemuan pimpinan partai lain yang disambangi sebelumnya, kali ini Kaesang mengenakan setelan jas cokelat muda dengan kemeja putih.

Pertemuan Kaesang dengan Paloh berlangsung kurang dari satu jam. Sebelum meninggalkan NasDem Tower, Kaesang menjelaskan alasan dirinya memakai jas hanya untuk bertemu Surya Paloh.

"Kebetulan saya ini selama ini melihat Ketum NasDem selalu menggunakan jas. Jadi, alangkah baiknya saya menggunakan jas juga," ungkap Kaesang.

Kaesang menjelaskan, topik utama yang dibahas dirinya dan Surya adalah potensi kerja sama yang bisa dijalin PSI dan NasDem di Pilkada 2024, terutama pada daerah Indonesia timur.

"Kami baru bisa sampaikan hari ini dan tadi juga kami saling kolaborasi di beberapa daerah khususnya di Indonesia timur dan ada juga yang beberapa di Pulau Jawa," ucap Kaesang.

Kaesang mengaku dirinya juga sempat membahas soal konstalasi Pilkada 2024 di Provinsi Jawa Tengah. Di mana, saat ini Kaesang digadang akan maju sebagai calon Gubernur Jawa Tengah. Nama Kaesang juga menempati elektabilitas tertinggi dalam bursa cagub Jateng pada sejumlah survei.

"Mengenai jateng cuma tipis-tipis aja. Tidak ada pembicaraan serius. Kami tadi lebih bicara mengenai Indonesia timur," tutur dia.