6 Penyebab Daun Tanaman Kembang Sepatu Mulai Menguning

JAKARTA - Kembang sepatu merupakan tanaman tropis yang berasal dari Asia. Daun yang menguning pada tanaman kembang sepatu biasanya menandakan tanaman tersebut kelebihan atau kekurangan air. Meskipun daun menguning adalah masalah umum, tapi ini biasanya dapat diatasi jika Anda menemukan penyebabnya sejak dini dan segera mengambil tindakan. Berikut enam alasan mengapa daun kembang sepatu Anda menguning disadur dari The Spruce, Senin, 22 Juli.

Dormansi

Jika beberapa daun kembang sepatu menguning dan rontok, bisa jadi tanaman tersebut tengah masuk masa dormansi. Tanaman ini tumbuh selama musim semi, panas, dan gugur. Sedangkan pertumbuhan akan berhenti saat musim salju. Saat tanaman memasuki masa dormansi, alangkah baiknya kembang sepatu ditanam dalam wadah dan dimasukkan ke dalam ruangan. 

Beberapa daun yang menguning di musim gugur bukanlah alasan untuk khawatir. Kecuali semua daun menguning dan berguguran, dan tanaman menjadi gundul, yang menunjukkan adanya masalah lain.

Cahaya

Cahaya yang tidak mencukupi dapat menyebabkan perubahan warna dan rontoknya daun. Untuk itu, Anda perlu memberikan cahaya yang cukup. Tanaman dalam wadah harus dipindahkan ke lokasi yang kebutuhan sinar mataharinya terpenuhi. Anda dapat memindahkan tanaman di dalam tanah ke tempat yang sesuai atau memangkas tanaman di sekitarnya untuk memberikan lebih banyak sinar matahari pada kembang sepatu.

Terlalu banyak sinar matahari juga dapat merusak daun, terutama pada kembang sepatu yang ditanam dalam wadah yang telah melewati musim dingin di dalam ruangan. Tanaman ini sering kali mengeluarkan daun kuning saat dipindahkan kembali ke luar ruangan pada musim semi, yang merupakan tanda terlalu banyak cahaya.

Lalu, sesuaikan tanaman secara bertahap dengan sinar matahari luar ruangan yang lebih kuat. Mulailah proses ini di dalam ruangan dengan menempatkan tanaman di dekat jendela yang terang dan cerah di awal musim semi. Setelah memindahkannya ke luar ruangan, secara bertahap tingkatkan jumlah sinar matahari yang diterimanya, dimulai dengan paparan sinar matahari langsung selama beberapa jam saja.

Defisiensi Nutrisi

Daun kuning juga dapat menunjukkan salah menggunakan pupuk atau kekurangan pupuk. kembang sepatu adalah tanaman yang membutuhkan pupuk berimbang dengan jumlah nitrogen, kalium, dan fosfor yang sama, seperti pupuk 20-20-20 atau 10-10-10. Kembang sepatu dalam pot harus dipupuk lebih sering dibandingkan tanaman di dalam tanah, setiap dua hingga tiga minggu selama musim panas, namun dengan dosis setengah dari jumlah yang direkomendasikan pada label.

Klorosis besi adalah bentuk khusus dari defisiensi mikronutrien di mana hanya daun di ujung setiap cabang yang menguning, dan urat-uratnya tetap hijau, sedangkan daun bagian bawah awalnya tetap hijau. Beri makan tanaman dengan zat besi chelated selain pupuk berimbang biasa dengan dosis yang dianjurkan pada label. Suplemen ini dapat membawa pertumbuhan hijau daun penuh yang baru.

Serangan serangga 

Hama, seperti tungau laba-laba, kutu daun, dan kutu putih, bisa menjadi penyebab daun tanaman kembang sepatu menguning. Periksa bagian bawah daun serta ruang-ruang di mana daun serta cabang-cabang saling bersinggungan, yang semuanya merupakan tempat baik bagi serangga untuk bersembunyi.  Perhatikan serangan serangga bisa jadi merupakan tanda tanaman kembang sepatu dilemahkan masalah lain, seperti penyiraman tidak tepat atau kekurangan nutrisi. Jika demikian, mengatasi masalah lain tersebut dapat membantu. 

Penyiraman berlebih atau kurang

Cate Singleton, Direktur Desain di perusahaan desain lanskap online, Tilly, mengatakan jika tanah tetap lembab, hal ini bisa menyebabkan akar membusuk. Namun, tanaman kembang sepatu membutuhkan banyak air. Jika tanah menjadi terlalu kering, hal ini dapat menyebabkan tanaman stres.  

Angin 

Tanaman tropis ini tidak menyukai angin kencang yang membuat daunnya kering dan dapat menyebabkan daun menguning dan berguguran. Tanam kembang sepatu di tempat yang terlindung dari angin. 

Angin dalam ruangan dapat memberikan efek yang sama seperti angin di luar ruangan, jadi letakkan tanaman di tempat yang tidak ada angin kencang selama musim dingin yang berlebihan.