Kesabaran dan Sirkulasi Bola Cepat Jadi Kunci Kemenangan Indonesia U-19 atas Kamboja U-19

JAKARTA - Indonesia U-19 cukup bersusah payah meraih kemenangan atas Kamboja U-19 pada laga kedua Grup A Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu, 20 Juli 2024.

Garuda Muda kembali meraih poin sempurna setelah menekuk Kamboja U-19 dua gol tanpa balas. Dua gol itu disumbangkan oleh Kadek Arel (71') dan Iqbal Gwijangge (86').

Indra Sjafri selaku pelatih kepala Indonesia U-19 mengamini pasukannya kesulitan di babak pertama sehingga berakhir tanpa gol.

Meski menguasai bola, Garuda Muda sulit menembus pertahanan Kamboja U-19 yang begitu solid dan rapat.

Namun, Indra memasukkan sejumlah pemain untuk menerapkan taktik lain pada paruh kedua. Hasilnya, perubahan itu menghasilkan dua gol.

Indonesia U-19 tampil dengan sirkulasi bola cepat pada paruh kedua. Mereka juga tampil lebih sabar membongkar pertahanan lawan.

Dua faktor itu menjadi kunci keberhasilan Garuda Muda memorak-porandakan pertahanan lima bek Kamboja U-19.

"Saya mengapresiasi semua pemain. Mereka sudah berusaha untuk bisa memenangi pertandingan. Walaupun sulit karena mereka bermain dengan compact defence, jadi butuh kesabaran dan sirkulasi bola cepat," kata Indra setelah laga.

"Babak pertama banyak salah passing. Kami coba memanfaatkan lebar lapangan, tapi mereka bisa antisipasi. Akhirnya di babak kedua kami ubah," katanya lagi.

Selanjutnya, Indonesia U-19 akan menghadapi Timor Leste U-19 di laga terakhir Grup A pada 23 Juli 2024. Pada laga pemungkas grup itu, Garuda Muda cuma butuh hasil seri untuk mengamankan puncak klasemen.

Garuda Muda sudah dipastikan lolos ke fase gugur usai mengoleksi enam poin dari dua laga. Sebelum menekuk Kamboja U-19, pasukan Indra Sjafri membungkam Filipina U-19 dengan skor telak 6-0.