Rumor Beredar, iPhone 17 Bakal Keluar Versi Slim pada 2025

JAKARTA - Rumor mengenai iPhone 17 sudah mulai beredar meskipun iPhone 16 belum diumumkan secara resmi tahun ini. Ada rumor bahwa Apple berencana meluncurkan model baru dengan fitur lebih tinggi di atas Pro Max. Tampaknya model ini akan tiba pada tahun 2025. Beberapa analis melaporkan bahwa model Plus yang ada, akan digantikan oleh model “Slim” baru dengan ukuran layar lebih besar dan bodi yang jauh lebih tipis.

Analis Jeff Pu adalah yang pertama melaporkan perubahan ini, dan The Information kemudian melaporkan model Slim, yang menyatakan bahwa itu akan menjadi model baru dengan fitur lebih tinggi yang berada di atas “Pro Max” dalam lineup dan akan memiliki kamera belakang terpusat dan Dynamic Island yang lebih kecil.

Apple kembali ke tren tipis dengan peluncuran iPad Pro M4 pada bulan Mei. Ada juga rumor bahwa Apple akan meluncurkan Apple Watch dan MacBook Pro yang lebih tipis dalam beberapa bulan mendatang.

Apple biasanya mengumumkan lini iPhone baru pada bulan September, biasanya pada hari Selasa di minggu kedua bulan tersebut. Diperkirakan iPhone 17 akan diumumkan sekitar tanggal 9 September 2025.

Berikut adalah tanggal rilis model terbaru sebelumnya:

  • iPhone 15: 12 September 2023
  • iPhone 14: 7 September 2022
  • iPhone 13: 14 September 2021
  • iPhone 12: 13 Oktober 2020 (terlambat karena Covid)

Biasanya, pre-order iPhone dimulai pada hari Jumat setelah pengumuman, dan pengiriman dilakukan seminggu kemudian. Namun, beberapa model spesifik mungkin dikirim beberapa minggu lebih lambat karena masalah produksi.

Harga iPhone 17

Belum ada informasi pasti mengenai harga lini iPhone 17, namun diperkirakan harga akan tetap sama dengan lini iPhone 15:

  • iPhone 15: 799 dolar AS/Rp12,8 juta
  • iPhone 15 Plus:  899 dolar AS/Rp14,5 juta
  • iPhone 15 Pro: 999 dolar AS/Rp16,1 juta
  • iPhone 15 Pro Max:  1.199 dolar AS/Rp19,3 juta

Namun, ada rumor bahwa Apple akan merilis model baru dengan fitur lebih tinggi yang mungkin memiliki harga lebih tinggi dari iPhone Pro Max. Meski begitu, diperkirakan model yang sudah ada akan tetap mempertahankan harga yang sama.

Warna iPhone 17

Belum ada rumor mengenai warna iPhone 17. iPhone 16 diperkirakan akan diluncurkan dalam tujuh warna, dengan putih dan ungu bergabung dengan biru, pink, kuning, hijau, dan hitam. Selain itu, ada warna desert yellow dan cement gray yang dikabarkan mirip dengan opsi klasik emas dan abu-abu ruang.

Semua model iPhone 17 dikabarkan akan memiliki kamera depan 24MP dan layar selalu aktif yang akhirnya tersedia pada model non-Pro. Beberapa percaya bahwa ProMotion juga akan hadir pada model non-Pro, karena teknologi LPTO yang sama yang memungkinkan layar selalu aktif adalah yang memungkinkan ProMotion pada implementasi iPhone Apple. Jika benar, ini akan menjadi pertama kalinya Apple menawarkan ProMotion pada perangkat non-Pro.

Apple juga dikatakan bekerja sama dengan Corning pada kaca anti-silau dan tahan gores baru untuk lini iPhone 17.

Belum diketahui banyak tentang chip yang akan menggerakkan lini iPhone 17, tetapi mengingat kebutuhan Apple Intelligence, diperkirakan setiap model akan memiliki setidaknya 8GB RAM. Model kelas atas akan mendapatkan A19 Pro, sementara model non-Pro akan mendapatkan varian A18 atau versi A19 yang dikurangi.

Untuk konektivitas nirkabel, modem seluler kemungkinan masih akan disuplai oleh Qualcomm; upaya Apple sendiri untuk memproduksi modem 5G kelas atas tampaknya tertunda dan mungkin tidak akan siap tepat waktu untuk lini iPhone 17 tahun depan. Dukungan Wi-Fi 7 juga tampaknya mungkin.