Lamine Yamal, Pemain Muda Terbaik Euro 2024 dan Hadiah Ulang Tahun Ke-17

JAKARTA – Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) resmi mengumumkan nama Lamine Yamal sebagai Pemain Muda Terbaik Euro 2024.

Pesepak bola yang baru saja merayakan ulang ke-17 pada 13 Juli 2024 tersebut termasuk dalam skuad Spanyol yang menorehkan sejarah usai menghajar Inggris 2-1 di final Euro 2024 pada Senin, 15 Juli 2024.

Dalam kemenangan itu, Yamal bermain sejak menit pertama. Dia kemudian digantikan ketika pertandingan waktu normal tersisa hanya satu menit.

Penampilan pemain Barcelona ini sepanjang turnamen empat tahunan tersebut memang luar biasa. Ia benar-benar berhasil membayar kepercayaan yang diberikan oleh Luis de la Fuente kepadanya.

Secara keseluruhan, Yamal tercatat bermain sepanjang 507 menit, mengukir empat assist, dan mencetak satu gol untuk membantu La Furia Roja memenangi gelar keempat mereka di Euro.

Spanyol sekarang memiliki status sebagai tim tersukses di kompetisi negara-negara Eropa itu. Mereka punya satu trofi lebih banyak dari Jerman yang menempati urutan kedua dalam daftar.

Dalam perjalanan meraih gelar, Yamal tampil di semua laga yang dimainkan Spanyol alias tujuh pertandingan. Ia menjadi starter di enam laga dan hanya satu kali dari bangku cadangan saat menang atas Albania di laga ketiga fase grup.

Yamal menjadi pemain termuda di turnamen ini ketika turun menjadi starter dalam kemenangan 3-0 atas Kroasia di partai pertama grup. Pada saat itu, pemain berdarah Maroko-Guinea Khatulistiwa ini baru berusia 16 tahun 338 hari.

Ia kemudian mencatatkan rekor baru sebagai pencetak gol termuda di Euro ketika membobol Perancis dengan gol indah di semifinal pada usia 16 tahun 362 hari. Gol itu membuat ia memecahkan rekor penyerang Swiss, Johan Vonlanthen.

Pemain Barcelona

Yamal memiliki nama lengkap Lamine Yamal Nasraoui Ebana. Ia lahir pada 13 Juli 2007 di Esplugues de Llobregat, sebuah kotamadya di wilayah metropolitan Barcelona.

Kawasan ini berjarak cukup dekat dengan Stadion Camp Nou, kandang dari Barcelona. Esplugues juga menjadi lokasi tempat tinggal dari mantan-mantan pemain Barcelona, seperti Gerard Pique, Andres Iniesta, dan Dani Alves.

Yamal adalah anak dari pasangan imigran asal Guinea Khatulistiwa dan Maroko. Ayahnya bernama Mounir Nasraoui asal Maroko, sedangkan ibu Yamal ialah Sheila Ebana dari Guinea Khatulistiwa.

Yamal memulai kariernya dari klub lokal CF La Torreta sebelum pindah ke akademi Barcelona, La Masia. Ia kemudian menarik perhatian pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, ketika bermain untuk tim Barca U-19.

Potensinya yang luar biasa membuaat dia pun dipanggil ke tim utama Barcelona dan menjalani debut pada April 2023 melawan Real Betis. Ketika itu ia berusia baru 15 tahun, 9 bulan, dan 16 hari.

Daftar Pemain Muda Terbaik Euro

2016: Renato Sanches (Portugal)

2020: Pedri (Spanyol)

2024: Lamine Yamal (Spanyol)