Cara Mencari Lokasi Tanpa Nama di Google Maps, Nggak Perlu Bingung

YOGYAKARTA - Saat ini kebutuhan untuk lokasi atau titik suatu tempat bisa dilakukan secara mudah melalui Google Maps. Aplikasi ini sangat membantu ketika Anda ingin mencari alamat atau mengunjungi suatu tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya. 

Google Maps telah menjadi alat bantu navigasi ketika orang-orang bepergian atau melakukan perjalanan. Aplikasi ini sangat diandalkan di era modern ini sebagai penunjuk arah menggantikan fungsi peta manual atau tradisional. 

Aplikasi bantuan navigasi dari Google ini bahkan menyediakan fitur yang cukup lengkap. Selain menuliskan nama tempat, Anda juga bisa mencari lokasi tanpa nama menggunakan GMaps. Pencarian lokasi melalui GMaps juga dapat dilakukan bersumber dari titik koordinat. 

Cara mencari Lokasi Tanpa Nama di Google Maps

Google Maps dapat menghadirkan petunjuk navigasi di berbagai tempat di seluruh dunia menggunakan data dari satelit dan teknologi perekaman. Meski sudah mengjangkau berbagai wilayah, namun terkadang ada titik di peta Google Maps yang tidak memiliki nama. 

Namun tidak perlu bingung apabila lokasi yang Anda ingin datangi tidak memiliki nama tempat. Anda masih bisa menemukan lokasi tujuan berbekal titik koordinat yang diketikkan ke GMaps. Berikut ini cara mencari lokasi dengan titik koordinat melalui GMpas. 

  1. Silakan buka aplikasi Google Maps yang ada di ponsel. Apabila Anda menggunakan komputer atau laptop, aplikasi GMaps bisa diaskes dari website
  2. Kemudian pilih daerah yang ingin dituju. Kemudian tekan lama di area tertentu dan pilih area di peta yang belum mendapat tanda untuk menaruh pin merah. Pastikan lokasi yang dipilih tidak menemukan sudah akurat atau tidak terlalu jauh dari temapt tujuan. 
  3. Jika sudah memilih lokasi, kemudian cari di kota penelusuran yang terletak di atas laman. Di kolom tersebut Anda akan menemukan koordinat.
  4. Setelah menemukan titik koordinat, selanjutnya Anda tinggal memasukkan ke dalam mesin pencarian. Tetap berada di dalam aplikasi atau laman GMaps, kemudian salin koordinat tersebut di kotak penulusuran. 
  5. Pastikan koordinat yang dimasukkan sudah sesuai dengan format derajat desimal, misalnya 41.40338, 2.17403. Anda juga perlu memperhatikan koordinat lintang sebelum koordinat bujur yang dicantumkan. Selalu pastikan angka pertama di koordinat lintang antara -90 dan 90. Terakhir, pastikan kembali angka pertama di koordinat bujur antara -180 dan 180. 

Mencari Lokasi dengan Plus Codes di GMaps

Anda juga bisa mencari lokasi di Google Maps menggunakan Plus Codes. Melalui Plus Codes, Anda juga dapat membagikan lokasi tanpa nama. Plus Codes bisa dibilang seperti alat bantu yang mirip degan alamat. Perbedaannya, Plus Codes menjadi semacam alamat digital yang lebih sederhana untuk mencari lokasi. 

Plus Codes juga dapat membantu menemukan lokasi spesifik untuk alamat biasa. Misalnya ketika Anda ingin mencari jalan keluar atau jalan masuk suatu bangunan yang sama. Fungsi lain dari Plus Codes adalah untuk mencari lokasi tertentu, misalnya ketika menerima barang dari jasa ekspedisi atau pengiriman. 

Selain itu, Plus Codes juga berguna untuk memberikan lokasi untuk layanan darurat dan sosial serta menemukan lokasi tanpa nama. Plus Codes memiliki kelebihan yakni kodenya yang sederhana, sehingga lebih mudah ketika dibagikan kepada orang lain. 

Cara kerja Plus Codes untuk mencari lokasi terbilang lebih sederhana, yaitu memakai titik koordinat lintang dan bujur. Fitur ini bekerja memakai sistem petak sederhana dan kumpulan 20 karakter alfanumerik. Daftar karakter dalam Plus Codes megecualikan karakter yang mudah tertukar seperti “I” dan “1” untuk menghindari pontensi pengguna bingung. 

Berikut cara menemukan lokasi menggunakan Plus Codes melalui aplikasi Google Maps:

  1. Silakan buka apliaksi GMaps di ponsel atau laptop Anda. 
  2. Setelah masuk ke laman GMaps, lihat bagian atas di kotak penulusuran. Kemudian masukkan Plus Codes. 
  3. Untuk mencari kota lokasi saat ini, masukkan Plus Codes menggunakan nama kota. Sebagai contoh: JJXX+HR8, Jakarta.
  4. Pastikan hanya memasukkan Plus Codes 6 atau 7 digit. Misalnya lokasi di Jakarta, maka bisa langsung menelusuri JJXX+HR8.

Demikianlah langkah-langkah mencari lokasi tanpa nama di Google Maps yang bisa Anda ikuti. Anda tetap bisa menelusuri atau menemukan lokasi tujuan meski tidak ada nama tempatnya. Baca juga cara menambahkan pin di Google Maps

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.