Android 14 Tiba di Motorola Razr 2023: Pembaruan yang Ditunggu-tunggu!

JAKARTA - Motorola tidak melupakan ponsel lipat lamanya, dan kini Android 14 mulai hadir untuk seri Razr (2023). Meskipun pembaruan ini belum tersedia untuk semua pengguna, peluncuran ini perlahan-lahan mulai merambah ke berbagai perangkat. Kedua model, yakni Motorola Razr (2023) standar dan model Plus, telah mulai mendapatkan pembaruan Android 14 mereka.

Selama beberapa hari terakhir, beberapa laporan dari pengguna Razr (2023) yang menerima pembaruan Android 14 mereka telah muncul, seperti yang dilaporkan oleh 9to5Google. Meskipun sebagian besar pengguna masih menunggu pembaruan mereka, beberapa laporan sukses mengidentifikasi Cricket sebagai operator yang menyediakan pembaruan tersebut. Kita mungkin akan melihat operator lain segera mengikuti jejak ini. Belum ada kabar tentang pembaruan untuk perangkat yang tidak terkunci, meskipun seharusnya ini hanya masalah waktu.

Motorola baru saja memperkenalkan Razr dan Razr Plus 2024 pada akhir bulan lalu, dan banyak orang sangat antusias untuk mencoba perangkat keras baru ini dan melihat semua peningkatan untuk generasi terbaru ini. Sementara beberapa orang menantikan kesempatan untuk melakukan pre-order ketika Motorola membukanya pada 10 Juli, banyak pemilik Razr yang ada di luar sana juga mendapat kejutan spesial. Motorola akhirnya merilis pembaruan Android 14 untuk Razr 2023 dan Razr Plus.

Motorola sebelumnya tidak mengumumkan jadwal khusus untuk rilis Android 14 pada Razr (2023), tetapi mengingat komitmen perusahaan untuk mendukung ponsel lipat ini dengan tiga tahun pembaruan OS, Android 14 pasti akan hadir cepat atau lambat. Meskipun rilis saat ini menempatkan Motorola jauh dari yang terdepan dalam hal dukungan tepat waktu untuk perangkat lamanya, ini juga bukan yang terburuk di industri.

Memang, ini adalah salah satu opsi lipat yang lebih terjangkau, tetapi ini tetap merupakan ponsel yang memerintahkan uang flagship dan sedikit lebih transparansi untuk pengguna yang telah menunggu pembaruan mereka sejak tahun lalu mungkin akan lebih baik — terutama dengan model non-Plus yang bahkan belum tiba di AS hingga setelah Android 14 diluncurkan.

Pabrikan telah membagikan changelog dasar untuk rilis Android 14 global Razr 40 Ultra, tetapi tidak ada yang benar-benar spesifik untuk Razr di sini. Catatan tersebut tampaknya mencerminkan rilis Android 14 Moto sebelumnya seperti yang telah terlihat untuk Lenovo ThinkPhone.

Pengguna Razr (2023) dianjurkan untuk memantau notifikasi pembaruan Android 14 yang akan segera hadir di perangkat mereka.