Bocoran Apple Watch Series 10: Desain yang Diperbarui Hingga Masalah Fitur yang Harus Diatasi

JAKARTA – Apple akan membuat banyak perubahan di Apple Watch 10. Kabarnya, smart watch terbaru ini akan memiliki desain yang berbeda dari generasi sebelumnya dan mendapatkan fitur kesehatan yang baru.

Berdasarkan laporan Bloomberg, Apple Watch Series 10 menggunakan layar yang lebih besar dengan desain yang lebih tipis. Kinerja dari smart watch terbaru ini akan jauh lebih cepat karena menggunakan prosesor yang lebih canggih dari sebelumnya.

Ada dua kode yang ditemukan untuk Apple Watch Series 10, yaitu N217 dan N218. Dua model dari Apple Watch Series 10 akan memiliki ukuran yang berbeda dan ukuran yang paling besar akan memiliki layar yang hampir sama dengan seri Ultra.

Apple Watch Ultra memiliki ukuran layar 1,93 inci, sedangkan Apple Watch Series 10 memiliki ukuran layar yang lebih besar hingga 2 inci. Meski lebih besar dan lebih tipis dari seri Ultra, desainnya tidak akan jauh berbeda.

Belum diketahui prosesor apa yang Apple akan gunakan, tetapi prosesor ini dapat menerima beberapa peningkatan fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI) di masa mendatang. Saat diluncurkan, Apple Watch tidak akan menjalankan fitur Apple Intelligence secara lengkap.

Apple Watch Series 10 seharusnya memiliki fitur pemantauan tekanan darah dan sleep apnea atau masalah pernapasan yang terhenti saat sedang tertidur. Sayangnya, pengembangan fitur ini mengalami kendala.

Sleep apnea bergantung dengan data saturasi oksigen darah, tetapi Apple Watch yang dijual di AS saat ini tidak memiliki pemantauan oksigen darah karena larangan impor dari Komisi Perdagangan Internasional (ITC).

Apple harus mengatasi masalah penggunaan alat pemantau oksigen darah terlebih dahulu untuk mengembangkan fitur sleep apnea. Jika masalah ini tidak bisa diatasi, Apple Watch mungkin akan menunda peluncuran fiturnya.