Cara Mencari Teks di dalam Video YouTube dengan Cepat

JAKARTA – Sebagai platform video yang telah berdiri selama hampir 20 tahun, YouTube menghadirkan berbagai macam video dengan topik yang berbeda, mulai dari informasi seperti berita, hiburan, atau tutorial.

Saat menonton video yang menurut Anda cukup penting, Anda pasti tak ingin melewatkan satu momen pun. Jika ada kalimat yang terlewat dan Anda lupa di menit ke berapa kalimat tersebut akan muncul, Anda akan merasa frustasi untuk mencarinya.

Jika Anda sedang mengalami masalah ini, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara cepat untuk mengatasi. Mengutip dari Makeuseof, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur Transkrip dan mencari teksnya melalui fitur Temukan di Halaman.

Mengaktifkan Fitur Transkrip

YouTube telah meluncurkan fitur Transkrip di situs web dan aplikasinya untuk mempermudah pengguna dalam mencari teks. Berikut ini langkah-langkah untuk menampilkan transkripnya.

1. Buka YouTube dan putar video yang diinginkan.

2. Gulir layar ke bawah untuk melihat deskripsi video.

3. Klik Lainnya, lalu klik tombol Tampilkan Transkrip.

Setelah mengikuti cara di atas, daftar teks dengan durasi waktunya akan terlihat di samping atau bagian bawah video. Anda bisa melihat teksnya satu per satu atau menggunakan cara yang lebih instan.

Mencari Teks di Transkrip YouTube Secara Cepat

Untuk mencari teks secara cepat, Anda harus menggunakan YouTube di browser. Anda bisa memakai Chrome dan melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Pastikan Transkrip sudah terbuka.

2. Klik ikon titik tiga vertikal di sudut kanan atas.

3. Klik menu Temukan di Halaman.

4. Masukan kata yang dicari, lalu klik ikon Search.