Minuman Detox Rahim Terbuat dari Apa? Cek Bahan dan Cara Membuatnya di Sini

YOGYAKARTA – Minuman detox rahim dapat menjadi solusi untuk mendukung kesehatan reproduksi wanita. Minuman ini dibuat dengan bahan-bahan alami dan dipercaya dapat memperbaiki organ reproduksi, mengatasi masalah menstruasi, gangguan horminal, menstruasi yang berkepanjangan, dan mengatasi masalah kesuburan.

Lantas, apa saja bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat minuman detox rahim? Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 7 Juli 2024, berikut informasi selengkapnya.

Bahan Alami untuk Membuat Minuman Detox Rahim

1. Kayu Manis

Bahan alami untuk membuat minuman detox rahim yang pertama adalah kayu manis. Dengan sifat antiinflamasi yang dimilikinya, kayu mais bisa memberikan manfaat untuk mencegah rasa sakit ketika rahim berkontraksi.

Sebuah studi dalam Iranian Red Crescent Medical Journal menyebutkan, kayu manis bisa mencegah dismenore atau kram perut saat haid dengan mengurangi level prostaglandin.

Prostaglandin adalah zat yang berperan dalam proses peradangan di dalam tubuh. Saat levelnya menurun, kontraksi otot rahim akan ikut berkurang.

2. Kapulaga

Bahan herbal ini mengandung flavonoid yang dapat menurunkan risiko diabetes, penyakit kardiovaskular, dan infeksi virus.

Di dalam kapula terdapat berbagai jenis antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Kendati demikian, masih diperlukan studi lebih lanjut tentang bagaimana kapulaga dapat membantu menjaga kesehatan rahim.

3. Madu

Dalam riset yang dilakukan Universiti Puta Malaysia menunjukkan bahwa madu gelam visa menguragi risiko penipisan jaringan epitel rahim dan menjaga ketebalan endometrium pada rahim tikus betina.

Perlu diketahui, masalah pada jaringan rahim bisa menyebabkan berbagai gangguan kesuburan. Salah satunya mengalami pertemuan sel telur dan sperma.

Tak hanya itu, madu juga mengandung berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh seperti fosfat, kalsium dan zat besi.

Dengan manfaat tersebut, madu dapat digunaka sebagai bahan campuran untuk membuat minuman detoksifikasi rahim.

4. Jahe

Jahe juga termasuk bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat minuma detox rahim. Konsumsi jahe secara rutin dipercaya dapat menyeimbangkan produksi hormon kortisol di dalam tubuh.

Ketika produksi hormon kortiso terkontrol, kadar estrogen dan progesterone juga akan mengalami hal yang sama. Dengan demikian, kesuburan wanita akan ikut terjaga.

5. Cengkeh

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Reproductive Sciences menyebutkan bahwa detoksifikasi dengan cengkeh bisa memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah menjaga kesehatan organ reproduksi pria dan wanita.

Manfaat tersebut berasal dari kandungan eugeno dan β-caryophyllene. Kedua senyawa ini bisa mengurangi risiko endometriosis, yakni sebuah kondisi di mana jaringa rahim tumbuh di luar rahim.

6. Ketumbar

Selain menambah cita rasa dari makanan, ketumbar juga dapat dimanfaatkan untuk membuat ramuan detoks rahim.

Di dalam ketumbar, terdapat stimulan alami yang dapat merangsang kelenjar endokrin yang berfungsi mengeluarkan dan mempertahankan keseimbangan hormon yang tepat.

Cara Membuat Minuman Detox Rahim dari Bahan-Bahan Alami

Dikutip dari laman Yankes Kemenes, berikut ini adalah cara membuat minuman detox rahim dari bahan-bahan alami yang telah disebutkan di atas.  

Bahan membuat minuman detox rahim:

  • 1 sdt kapulaga
  • 1 ruas jahe, geprek
  • 1 sdt ketumbar
  • Sebiji cengkeh
  • 3-5 cm kayu manus
  • 1 sdm madu

Cara memuat minuma detox rahim dari bahan alami:

  • Rebus yang sudah digeprek dengan 250 ml air mendidih selama dua menit.
  • Tuangkan ketumbar, kapulaga, dan kayu manis ke dalam gelas. Setelah itu, tambahkan air dan jahe yang sudah direbus barusan ke dalamnya.
  • Tunggu sebentar, kemudian campurkan dengan satu sendok makan madu, aduk hingga rata.
  • Saring terlebih dahulu, kemudian minum secara rutin, satu kali sehari di pagi hari sebelum makan.

Demikian informasi tentang minuman detox rahim. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.