YouTube Perbarui Fitur Erase Song, Bisa Hapus Musik Tanpa Pengaruhi Audio Lain

JAKARTA – Pada akhir tahun lalu, YouTube meluncurkan fitur Erase Song bagi para kreator konten. Fitur ini dapat menghapus musik yang memiliki hak cipta di beberapa bagian video tanpa mengganggu audio lainnya.

Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia di versi beta penguji dan tidak semua pengguna bisa mengakses fiturnya. YouTube menyadari bahwa fitur Erase Song memiliki kinerja yang buruk sehingga mereka tidak merilis versi stabilnya ke publik.

Setelah beberapa bulan tidak ada perkembangan, YouTube akhirnya merilis versi stabil dari Erase Song. Mereka telah memperbaiki fiturnya dan menambahkan beberapa pembaruan di dalamnya, salah satunya adalah Kecerdasan Buatan (AI).

Dengan menyertakan kemampuan AI, fitur ini bisa menghapus lagu dari dalam video dengan lebih cerdas. Ketika musik menjadi latar belakang dari dialog atau audio lainnya, Erase Song hanya akan menghapus lagu tanpa menghilangkan dialognya.

"Opsi ini memungkinkan Anda menonaktifkan audio yang diklaim dalam video Anda. Anda dapat memilih untuk menonaktifkan hanya lagu atau semua audio video," kata YouTube di halaman dukungannya.

Meski sudah menggunakan AI, menghapus musik yang memiliki hak cipta tidak akan mudah. YouTube mengatakan bahwa penghapusan musik berhak cipta tidak akan berhasil jika video sudah ditonton lebih dari 100 ribu kali.

"Pengeditan ini mungkin tidak berhasil jika lagunya sulit dihapus. Jika alat ini tidak berhasil menghapus klaim pada video, Anda dapat mencoba opsi pengeditan lain, seperti menonaktifkan semua suara di segmen yang diklaim atau memangkas segmen yang diklaim," jelas YouTube.