Verge Aero Pamerkan Drone Kembang Api Pertama di Texas

JAKARTA – Verge Aero, penyelenggara pertunjukan drone, membuat sejarah baru dengan menggelar pertunjukan drone kembang api pertama di AS. Acara tersebut digelar di pusat kota Austin, Texas.

Drone kembang api yang dipamerkan Verge Aero merupakan bentuk perayaan atas keikutsertaan Texas Longhorns, tim atletik football dari Universitas Texas, di Southeastern Conference (SEC). Pertunjukan drone ini digelar di hari pertama.

Dalam menyelenggarakan pertunjukan ini, Verge Aero bekerja sama dengan Universitas Texas. Perusahaan itu berhasil membuat tontonan yang memukau dengan menerbangkan 400 drone di langit dan 90 di antaranya membawa kembang api.

Dari video singkat yang dibagikan di YouTube, Verge Aero menerbangkan ratusan drone bercahaya dan membuat bentuk kepala banteng, representasi dari Texas Longhorns. Sepuluh detik kemudian, drone di sekitarnya mengeluarkan kembang api.

Setelah memperlihatkan kepala banteng yang menyala dan dikelilingi api, Verge Aero mematikan lampu di seluruh drone dan menyisakan api dari beberapa drone. Perusahaan itu tidak membuat bentuk hewan atau objek lainnya.

Sebelum mengadakan pertunjukan ini, Verge Aero menghadapi masalah regulasi karena membutuhkan persetujuan dari Badan Penerbangan Federal (FAA). Aturan FAA sangat ketat terhadap drone yang membawa kembang api.

Verge Aero tidak menjelaskan persyaratan seperti apa yang harus mereka lakukan sebelum meluncurkan ratusan drone tersebut. Melihat besarnya komitmen Verge Aero terhadap keselamatan penontonnya, FAA akhirnya bersedia memberikan izin.