Pemasangan Bilah Garuda Kantor Presiden di IKN Ditargetkan Rampung Pekan Depan

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN menyebut, progres pembangunan Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah mencapai sekitar 92 persen.

"(Progres) Kantor Presiden itu sekitar 91-92 persen. Mudah-mudahan ini segera selesai," ujar Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga saat ditemui di kantornya, Jumat, 5 Juli.

Danis mengaku, dirinya bakal melakukan pengecekan kembali ke IKN pada Senin pekan depan atau 8 Juli 2024. "Ini Senin besok saya ke sana," katanya.

Sementara, Danis menyebut untuk pemasangan bilah-bilah burung garuda pada Kantor Presiden di IKN sudah hampir rampung. Menurut dia, pemasangan untuk bagian kepala burung merupakan yang paling sulit.

"Kemarin yang sayap garuda (pemasangan) paling susah di kepalanya, itu sudah selesai 3-4 hari yang lalu. Sekarang tinggal menyelesaikan sayap di ujungnya, yang kiri dan kanan," ucap dia.

"Itu mudah-mudahan bisa selesai minggu depan," tambahnya.

Menurut Danis, salah satu kendala yang dihadapi untuk penyelesaian pemasangan bilah-bilah garuda tersebut adalah masalah hujan.

"Masalahnya ini hujan saja. Kan, itu di ketinggian, ada (potensi) petir. Jadi, mudah-mudahan bisa selesai minggu depan. Ini tergantung cuaca," tuturnya.

Adapun jumlah modul bilah burung garuda sebanyak 465 modul, dengan setiap modul ada 10 bilah garuda. Dengan demikian, totalnya ada 4.650 bilah garuda yang akan dipasang di Kantor Presiden.