Arti Kode 403 Forbidden Error dan Cara Mengatasinya

JAKARTA – Ketika membuka website di salah satu browser, Anda mungkin pernah menemukan kode 403 Forbidden Error. Status dari HTTP ini menunjukkan bahwa situs web yang Anda akses telah diblokir.

Pesan kesalahan 403 cukup beragam, mulai dari 403 Dilarang, HTTP 403 Izin Diperlukan, 403 - Kesalahan Terlarang, dan 403 - Terlarang. Namun, arti dari status ini tetap sama, yaitu akses ditolak, terlarang, atau Anda tidak memiliki akses untuk masuk ke dalam server.

Dilansir dari Makeuseof, kode kesalahan ini bisa muncul karena akses situs web yang dibatasi untuk anggota tertentu, pemblokiran secara geografis, mencoba login yang gagal berulang kali, hingga kesalahan konfigurasi server.

Cara Mengatasi 403 Forbidden Error

Jika situs web yang Anda kunjungi sebelumnya tak memiliki masalah apa pun, ada kemungkinan error ini terjadi karena kesalahan konfigurasi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka Google Chrome.
  2. Klik ikon titik tiga di sudut kanan atas.
  3. Buka menu Lainnya, lalu Hapus Data Penjelajahan di menu Privasi.
  4. Pilih Cookie dan Cache, pilih rentang waktunya.
  5. Klik Hapus Data.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan menghapus cookie dan cache dari browser seperti Chrome. Setelah itu, buka halaman situs web yang memiliki pesan 403 Forbidden Error dan muat ulang halamannya.

Jika cara di atas masih belum berhasil, Anda bisa beralih ke jaringan lain dan berhenti memeriksa situs webnya untuk beberapa saat. Saat situs webnya tidak bisa diakses oleh banyak orang, Anda harus menunggu hingga situs webnya diperbaiki.