Google Chrome Akan Cabut Izin Situs Web Secara Otomatis dari Perangkat Android

JAKARTA – Sebagai browser yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, Google terus meningkatkan keamanan di aplikasi Chrome. Dalam waktu dekat, Google akan meluncurkan fitur keamanan terbaru.

Berdasarkan temuan akun Leopeva di platform X, dilansir dari Android Police, fitur keamanan ini akan menghapus izin dari situs web yang jarang dikunjungi secara otomatis. Fitur ini tersedia di Chrome dengan versi Canary.

Sebenarnya, fitur keamanan ini sudah ada di Chrome untuk desktop, tetapi baru tersedia di aplikasi seluler. Fitur ini sangat penting dan memang dibutuhkan oleh seluruh pengguna Chrome untuk menjaga keamanan akun mereka.

Ada banyak hal yang bisa terjadi di situs web tanpa Anda sadari. Beberapa penjahat siber bisa memasukkan malware ke dalam situs web atau bahkan menyusup ke dalam izin yang Anda berikan tanpa sadar.

Meski Anda jarang atau bahkan tidak pernah memberikan izin ke berbagai situs web yang dikunjungi, fitur ini akan meningkatkan proteksi perangkat Anda. Keamanan akun Google Anda akan ditingkatkan dengan adanya fitur ini.

Untuk saat ini, kemampuan menghapus izin situs web secara otomatis masih bersifat eksperimental atau sedang diuji. Belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan ke versi publik, tetapi fitur ini sudah pasti akan ditambahkan ke dalam Chrome untuk Android.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan fitur ini lebih cepat, Anda bisa menggunakan Chrome dalam versi beta penguji. Namun, jika Anda ingin menunggu, fitur ini diperkirakan akan tersedia di Chrome 128 yang akan dirilis pada Agustus mendatang.