Apple Akan Tambahkan Dua Fitur Eksklusif di watchOS 11

JAKARTA – Serentak dengan peluncuran iOS 18 dan iPadOS 18, watchOS 11 akan dirilis pada musim gugur tahun ini. Sistem operasi (OS) ini akan menyertakan fitur yang lebih canggih dari pembaruan sebelumnya.

Dari banyaknya fitur yang akan diluncurkan di watchOS 11, ada dua fitur yang dirancang secara eksklusif untuk beberapa perangkat. Dua fitur tersebut adalah alternatif pembayaran Tap to Cash dan kunci rumah Ultra Wideband.

Meskipun Apple Watch Anda kompatibel dengan watchOS 11, dua fitur ini belum tentu tersedia di perangkat Anda. Hal ini bisa terjadi karena perangkat Anda kurang memadai atau tidak sesuai dengan persyaratan pemrosesan.

Tap to Cash merupakan fitur yang diluncurkan untuk mendukung pembayaran secara cepat. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu mengetukkan Apple Watch mereka ke iPhone atau Watch milik orang lain untuk membayar melalui Apple Cash.

Sementara itu, Ultra Wideband merupakan fitur kunci pintar yang dapat membuka pintu secara cepat dan mudah. Tak hanya kompatibel dengan Apple Watch tertentu, fitur ini hanya bisa digunakan jika pintu rumah Anda mendukung kunci pintar.

Berbeda dengan kunci pintar pada umumnya, pengguna tidak perlu mengetukkan jam tangan mereka ke kunci. Dengan deteksi jarak yang sangat presisi, Ultra Wideband bisa membuka kunci secara otomatis saat pengguna berada di dekat pintu.

Kedua fitur ini akan tersedia di Apple Watch 7, Apple Watch 8, Apple Watch 9, Apple Watch Ultra, dan Apple Watch Ultra 2. Khusus untuk Apple Watch SE generasi kedua, fitur yang akan tersedia hanya Tap to Cash, sedangkan Apple Watch 6 hanya mendapatkan fitur Ultra Wideband.