“Hamster Kombat” Tuai Kritik Gara-gara Hal Ini!

JAKARTA - “Hamster Kombat,” game clicker populer berbasis Telegram yang terkait dengan peluncuran token kripto mendatang, mendapat sorotan tajam karena penggunaan taktik tekanan sosial yang berlebihan.

Kesuksesan viral game ini telah mendorongnya ke puncak popularitas, namun mekanisme yang mendorong keterlibatan pengguna tampaknya mencapai titik jenuh. Dilansir dari Crypto News, Andrew Hayward, Editor Budaya dan Kepala Operasi Hub di Decrypt, dalam sebuah tulisan baru-baru ini menyatakan bahwa masalah ini mungkin juga akan dialami oleh ratusan juta pemain yang berpartisipasi setiap hari, kecuali mereka memiliki aliran teman yang terus menerus untuk direkrut.

Mengikuti jejak game kripto viral Telegram sebelumnya, Notcoin, “Hamster Kombat” mengharuskan pemain untuk mengetuk layar untuk mengumpulkan koin dalam game. Game ini memperkenalkan twist unik dengan memungkinkan pemain menginvestasikan koin tersebut ke dalam bursa kripto fiksi yang dioperasikan oleh hamster, sambil juga mendorong mereka untuk mengajak teman bergabung.

Namun, di sinilah game ini mulai menyerupai sesuatu yang mirip dengan pemasaran berjenjang. “Hamster Kombat” sering memperkenalkan kartu upgrade bursa baru yang menjanjikan penghasilan lebih tinggi. Kartu-kartu ini sering kali terkait dengan “daily combo” game yang memberi pemain 5 juta koin dalam game jika menggunakan kartu tertentu. Namun, banyak dari kartu ini hanya dapat dibuka jika pemain berhasil mengajak teman lain untuk mulai bermain melalui tautan referal mereka.

Baca juga:

Meskipun merupakan game sederhana “number-go-up,” pemain yang tidak dapat meningkatkan jumlah mereka karena persyaratan merekrut lebih banyak orang mungkin merasa dirugikan kecuali mereka dapat menemukan peserta tambahan.

Hayward menyatakan bahwa perubahan ini menyoroti keterbatasan mesin keterlibatan seperti “Hamster Kombat.” Ini menunjukkan tantangan untuk mempertahankan pertumbuhan terus-menerus tanpa menawarkan insentif dan manfaat baru yang menarik.

“Pada titik tertentu, hype pasti akan mereda, dan pengembang mungkin mendorong terlalu keras untuk memastikan hal itu tidak terjadi sebelum peluncuran token yang direncanakan pada bulan Juli.”

Dilaporkan bahwa “Hamster Kombat” telah menarik perhatian besar di Iran, menarik pengguna lokal yang sangat menantikan peluncuran tokennya. Pengembang game ini mengumumkan minggu lalu bahwa mereka telah mengumpulkan 200 juta pemain, sebagian besar dari 900 juta pengguna Telegram yang dilaporkan.

Angka ini meningkat dari total 150 juta pemain yang dilaporkan pada 14 Juni. Pengembang “Hamster Kombat” telah mengumumkan rencana mereka untuk meluncurkan token di The Open Network (TON) pada bulan Juli. Game ini mengikuti jejak Notcoin, game “clicker” serupa yang memulai debutnya awal tahun ini dan menarik 35 juta pemain sebelum merilis token NOT-nya di TON pada bulan Mei.