Makna Logo HUT Ke-79 RI, Sambut Ibu Kota Baru dan Pemimpin Baru Indonesia

YOGYAKARTA – Seperti diketahui, setiap tahunnya Pemerintah meluncurkan tema dan logo untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, termasuk tahun 2024. Kali ini Bangsa Indonesia merayakan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Makna Logo HUT Ke-79 RI jadi salah satu yang ditunggu oleh masyarakat. Logo tersebut merepresentasikan kondisi Indonesia saat ini sekaligus rencana pemerintah masa depan.

Makna Logo HUT Ke-79 RI

Pemerintah sendiri telah merilis logo dalam rangka peringatan HUT ke-79 RI pada Senin, 24 Juni 2024 di Wisma Negara, Jakarta. Tahun ini tema yang diangkat adalah “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Tema tersebut juga diusung dalam bentuk visual logo.

Tema yang dipilih juga menggambarkan tiga transisi penting yang akan dialami oleh Bangsa Indonesia yakni menyongsong Ibu Kota baru, estafet kepemimpinan, dan Indonesia Emas 2045.

“Tema ini dipilih untuk menggambarkan bukan hanya transisi kepindahan ibu kota negara, tetapi transisi kepemimpinan bangsa kita,” kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

Perlu diketahui bahwa logo HUT Ke-79 RI merupakan hasil karya Inggrid Wenas, salah satu anggota Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur.

Secara general, desain dan logo HUT Ke-79 RI terdiri dari angka 79 warna merah dengan tulisan “Nusantara Baru Indonesia Maju” warna hitam. Tiap elemen logo memiliki filosofinya sendiri-sendiri. Berikut ini makna logo HUT RI ke-79.

  1. Angka 79: Angka 79 menggambarkan usia kemerdekaan Indonesia yang di tahun 2024 sudah menginjak yang ke-79.
  2. Ujung Angka 7: Angka ini digambar dengan susunan tiga garis warna merah. Di ujung tiga garis tersebut berbentuk paruh Garuda. Seperti diketahui Garuda adalah salah satu lambang negara yang meuat pilar kebangsaan yakni Pancasila.
  3. Panah ke Kanan di Angka 7: Terdapat pula garis menyerupai panah ke kanan atas yang menyimbolkan harapan Indonesia dalam investasi serta ekspor demi memenuhi misi Indonesia menggerakkan ekonomi masyarakat.
  4. Lengkung ke Segala Arah: Logo tersusun oleh garis lengkung segala arah yang terhubung satu sama lain. Garis ini menggambarkan prinsip pembangunan negara berkelanjutan.
  5. Dahan dan Daun di Angka 9: gambar ini mencerminkan prinsip pembangunan negara yang harus didasarkan pada ekonomi hijau, sinergitas dengan alam, dan harus memperhatikan akar budaya serta identitas bangsa.
  6. Garis Kaki 7 dan 9: Kedua angka tersebut memiliki gambar kaki yang sama yang jika dilihat secara seksama, akan membentuk tangan yang menyatu dan menelungkup. Simbol tersebut mencerminkan persatuan rakyat Indonesia yang dalam bernegara mereka punya pendapat berbeda-beda.
  7. Dua gelombang berarah yang sama atas dan bawah: Gambar ini melambangkan tujuan Indonesia untuk desentralisasi dan pemerataan pembangunan demi mencapai kesetaraan.
  8. Elemen Grafi: Elemen ini digunakan untuk menggambarkan logo HUT RI ke-79. Elemen ini dipillih karena terinspirasi dari aliran sungai di Indonesia yang menjadi sumber kehidupan makhluk hidup.

Makna Logo HUT Ke-79 RI bisa digunakan dalam berbagai kegiatan perayaan Kemerdekaan Indonesia. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.